Kegiatan Donor Darah Bakti Mas Jo (Bakti Ormas Jogja)

Kegiatan donor darah merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan akan sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan transfusi darah, donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonor, yaitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan untuk mendeteksi penyakit serius.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Forum Ormas Jogja mengadakan kegiatan donor darah Bakti Ormas Jogja (Bakti Mas Jo) pada Selasa, 7 Juni 2022 di Pendopo Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta. Kegiatan ini mengusung tagline “Kita Sehat, Mereka Selamat”. Kegiatan donor darah ini juga diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Pemerintah Kota Yogyakarta Peserta kegiatan ini berasal dari anggota-anggota organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Yogyakarta, ASN dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kota Yogyakarta, dan juga masyarakat umum. Donor darah dimulai sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Diadakannya kegiatan donor darah ini juga membuktikan bahwa organisasi-organisasi kemasyarakatan di Kota Yogyakarta mampu bersinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program-program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kota Yogyakarta. Organisasi-organisasi kemasyarakatan di Kota Yogyakarta merupakan mitra strategis Pemerintah Kota Yogyakarta dalam bingkai semangat Segoro Amarto (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarto). Ada empat prinsip yang melekat dalam Segoro Amarto dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan, yakni kemandirian, kedisiplinan, kepeduliandan kebersamaan. Jiwa yang dibangun dalam Segoro Amarto adalah mengedepankan kata Kita daripada Aku. Semangat, keempat prinsip dan jiwa Segoro Amarto tersebut terwujud nyata dalam kegiatan donor darah Bakti Ormas Jogja.