Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Penghayat Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa

Selasa 7 Juni 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa. Bertempat di Paguyuban Subud (Jalan Babaran Gang 2 Nomor 733, Umbulharjo, Kota Yogyakarta).

Narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut Fx. Wisnu Sabdono Putro, SH (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Hendro Muhaimin, S. Fil, M. Phil (PSP UGM Yogyakarta), dan Romo Harjo (Paguyuban Subud Kota Yogyakarta). Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa diikuti sekitar 30 orang.

Saat acara pembukaan Kepala Badan Kesbangpol Bapak Budi Santosa, Menjelaskan Pemantapan Nilai-nilai Pancasila kepada penghayat kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa bertujuan untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan berbangsa serta rela berkorban guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang rukun damai, demokratis, berkeadilan, sejahtera, maju dan memiliki moral dan etika dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat ini, Ketahanan Ideologi Pancasila menghadapi ujian dan tantangan di era globalisasi dengan masuknya ideologi alternatif ke dalam segenap sendi-sendi bangsa melalui media informasi. Pancasila dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa. Dengan demikian Pancasila akan mampu menjadi filter atas sebagai pengaruh negatif fenomena modernitas.

Pemantapan Nilai-nilai Pancasila kepada Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa perlu diadakan agar para penghayat kepercayaan yang ada di Kota Yogyakarta dapat bertukar pikiran dan berdiskusi tentang nilai-nilai Pancasila yang ada ditengah-tengah masyarakat. Sehingga penghayat kepercayaan di Kota Yogyakarta dapat turut serta memberikan kontribusi dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khusunya di wilayah Kota Yogyakarta.