Kegiatan Sinau Pancasila

Senin 13 Juni 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Sinau Pancasila bertempat di Kelurahan Demangan (Jalan Munggur Gang Srikandi Nomor 32, Gondokusuman, Kota Yogyakarta). Acara pada hari ini dihadiri oleh 3 narasumber Sumadi SH, MH (Pj. Walikota Yogyakarta), Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber. Sebagai bangsa yang besar, tentunya wajib bagi kita untuk mempelajari Pancasila. Pancasila adalah representasi dari seluruh elemen bangsa Indonesia, yang dijadikan sebagai dasar negara, falsafah bangsa, hingga pandangan hidup bangsa.

Sinau Pancasila merupakan salah satu strategi yang dalam pelaksanaannya langsung mengarah kepada sasaran masyarakat melalui kelurahan, sehingga diharapkan materi dapat langsung diterima dan diimplementasikan oleh masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan masyarakat, sehingga dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal tersebut sesuai dengan visi misi kota Yogyakarta, salah satunya dalam mewujudkan kota Yogyakarta sebagai kota yang nyaman huni.