Kegiatan Sinau Pancasila

Kita pahami bersama bagaimana proses dan dinamika Pancasila yang digagas para founding fathers bangsa Indonesia. Pancasila merupakan senjata teramat ampuh bagi bangsa Indonesia untuk mengatasi berbagai persoalan.

Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Sinau Pancasila di Kelurahan Baciro (Jalan Mawar II Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta) pada hari Senin 13 Juni 2022. Acara yang dihadiri sekitar 30 orang dan 3 narasumber Tri Waluko Widodo (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Letkol Arh Tjatur Supriyono, S. Si, M. Sc (Kasdim 0734 / Kota Yogyakarta), Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber. Sinau Pancasila sebagai sarana dalam melaksanakan amanah pemerintah, serta untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa agar tercipta masyarakat yang damai, sejahtera, aman sentosa. Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah semangat elemen masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai bangsa yang besar, tentunya wajib bagi kita untuk mempelajari Pancasila. Pancasila adalah representasi dari seluruh elemen bangsa Indonesia, yang dijadikan sebagai dasar negara, falsafah bangsa, hingga pandangan hidup bangsa.

Maka dari itu kegiatan Sinau Pancasila Kota Yogyakarta sangat penting dilaksanakan karena diharapkan dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kota Yogyakarta, sehingga dapat tercapai kehidupan berbangsa bertanah air yang selaras dengan  nilai-nilai Pancasila serta cita-cita luhur bangsa.