Sinau Pancasila

Pancasila merupakan warisan dari pendiri bangsa yang mengacu pada nilai-nilai leluhur, Pancasila merupakan pedoman kehidupan bangsa negara Indonesia. Pancasila juga sebagai pilar ideologi negara Indonesia. Munculnya  fenomena  yang  dapat  mengancam  ideologi Negara saat ini sudah  terlihat dimana-mana baik
dikalangan masyarakat maupun pelajar.

Maka dari itu kegiatan Sinau Pancasila Kota Yogyakarta sangat penting dilaksanakan
karena diharapkan dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kota Yogyakarta,
sehingga dapat tercapai kehidupan berbangsa bertanah air yang selaras dengan  nilai-nilai Pancasila serta cita-cita luhur bangsa.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta telah melaksanakan
kegiatan Sinau Pancasila di Kemantren Ngampilan (Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 12, Ngampilan, Kota Yogyakarta). Acara yang dihadiri 3 narasumber Sumadi SH, MH ( Pj. Walikota Yogyakarta), Marwoto Hadi, SH (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta). Dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari narasumber.

Kita sebagai rakyat Indonesia, sangat penting untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.