Rangkuman Kegiatan Pancasila

Pasca hari Lahir Pancasila tanggal 1 juni 2022, Bidang Kesatuan Bangsa Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan sinau pancasila di 5 kalurahan yg ada di kota Yogyakarta. Pada tanggal 13 Juni 2022 melaksanakan 2 kegiatan di Kelurahan Baciro dan Demangan. Tanggal 14 Juni 2022 melaksanakan kegiatan di Kelurahan Tegalpanggung. Tanggal 15 Juni 2022 dilaksanakan di kelurahan Gunungketur. Kemudian pada tanggal 20 Juni 2022 Sinau Pancasila dilaksanakan di Kelurahan Notoprajan.

Melalui kegiatan Sinau Pancasila, masyarakat diharapkan dapat memahami, menyadari, mengaplikasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terkhususnya di dalam lingkungan sekitarnya. Pancasila sebagai sumber, norma dan tolak ukur tentang baik-buruk, salah-benarnya tingkah laku manusia. 
 

Sinau Pancasila menjadi sebuah sarana dalam mengerti, memahami, serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Kita sebagai rakyat Indonesia, sangat penting untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai Pancasila dianggap amat relevan dihadirkan dan dikuatkan lagi sebagai jalan menghadapi berbagai persoalan tentang identitas kebangsaan yang belakangan makin mengarah pada sikap primordialisme serta intoleransi yang berpotensi memecah belah masyarakat.
 

Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan di Kota Yogyakarta karena dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kota Yogyakarta, sehingga dapat tercapai kehidupan berbangsa bertanah air yang selaras dengan  nilai-nilai Pancasila serta cita-cita luhur bangsa.