Silaturahmi Parpol Sambut Tahapan Pemilu

Sabtu 25 Juni 2022 Bakesbangpol Kota Yogyakarta mengadakan silaturahim partai politik ke Partai Gerindra Kota Yogyakarta dan dilanjutkan silaturahim ke PAN Kota Yogyakarta.

Anton Prabu (Ketua DPC Gerindra Kota Yogyakarta), mengucapkan terima kasih karena Bakesbangpol, KPU, dan Bawaslu sudah bersedia hadir ke DPC Gerindra Kota Yogyakarta. Dari DPC Gerindra Kota Yogyakarta menyambut baik silaturahim ini. DPC Gerindra Kota Yogyakarta berharap silaturahim ini dapat sekaligus menjadi ajang sosialisasi regulasi dan tahapan Pemilu.

Sedangkan Arif Noor Hartanto (Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta) dalam sambutannya mengatakan bahwa PAN Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada Bakesbangpol, KPU, dan Bawaslu yang telah berkenan hadir ke kantor DPD PAN Kota Yogyakarta untuk bersilaturahim. Kegiatan silaturahim ini sangat baik karena bisa mempererat hubungan antara Bakesbangpol, KPU, dan Bawaslu dengan partai-partai politik peserta Pemilu. PAN Kota Yogyakarta yang senang jika selalu diajak berdiskusi dalam pembinaan politik dalam negeri, karena partai politik adalah aktor yang harus dilibatkan dalam dinamika penyelenggaraan negara di Indonesia.

Budi Santosa, S.STP, M.Si (Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta) menyatakan bahwa Bakesbangpol hadir ke Gerindra dan PAN bersama KPU dan Bawaslu untuk bersilaturahim. Bakesbangpol ingin mengkomunikasikan bahwa pada tanggal 14 Juni 2022 kemarin, tahapan Pemilu sudah dimulai. Bakesbangpol berharap semua tahapan berjalan lancar dan kondusif. Bakesbangpol mengajak kepada para peserta Pemilu agar sejak sekarang menarasikan bahwa Pemilu akan menjadi pesta demokrasi yang menyenangkan bagi semuanya. 

Bakesbangpol juga berterimakasih kepada Gerindra karena telah kooperatif dalam pengurusan bantuan keuangan partai politik. Selanjutnya, Bakesbangpol berharap semua pihak agar bisa berkomunikasi, berkoordinasi, dan bersinergi untuk kelancaran tahapan Pemilu. Kemudian, Bakesbangpol mengajak Gerindra untuk terus memperjuangkan ideologi Pancasila sebagai ideologi kebangsaan Indonesia. 

Selanjutnya, Bakesbangpol mohon doa restu untuk kelancaran program Sekolah Demokrasi yang diharapkan mampu mencetak pemilih yang cerdas, penyelenggara pemilu, dan calon-calon kader partai politik yang berkualitas.

Sedangkan Hidayat, S.H. (Ketua KPU Kota Yogyakarta) mengatakan bahwa KPU mengucapkan apresiasi pada Bakesbangpol yang sudah mengadakan acara silaturahim ke partai-partai politik. KPU berharap semua informasi tentang Pemilu dapat diseminasikan dengan baik kepada semua pihak. KPU juga akan segera melakukan verifikasi kepada partai-partai politik. Sekarang KPU sedang melakukan sinkronisasi data untuk pemutakhiran daftar pemilih tetap yang perkembangannya memang sangat dinamis. Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) dan kursi DPRD, di Kota Yogyakarta masih 40 kursi dan 5 Dapil sampai saat ini. KPU akan membuka help desk agar proses pencalonan untuk Pemilu, sehingga tidak perlu ada pencalonan yang gagal karena masalah dokumen. KPU berharap kampanye di Kota Yogyakarta berjalan menyenangkan dan tidak diwarnai dengan knalpot blombongan, hoaks, ujaran kebencian, apalagi kekerasan. Terakhir, KPU juga berharap agar yang diutus partai politik untuk mengikuti Bimtek tidak berganti-ganti orang agar ada kesinambungan pengetahuan.

Terakhir, Tri Agus Ingharto, S.H. (Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta) menyampaikan bahwa Bawaslu hari ini punya semangat cegah dulu, baru awasi, dan kemudian melakukan tindakan. Sekarang juga Bawaslu membawa semangat keadilan restoratif jika terjadi sengketa antar peserta Pemilu. Bawaslu percaya bahwa Pemilu dan Pilkada adalah cara paling manusiawi untuk melakukan proses sirkulasi kekuasaan.