Sekolah Demokrasi untuk Jogja Cerdas Politik dan Demokrasi

Untuk memberikan pendidikan berdemokrasi dan pengetahuan tentang Pemilu kepada masyarakat Kota Yogyakarta, dan sekaligus sebagai bentuk regenerasi dan kaderisasi bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mengadakan kegiatan Sekolah Demokrasi dengan Tema “Sekolah Demokrasi untuk Jogja Cerdas Politik dan Demokrasi”.

Kegiatan Sekolah Demokrasi pada tahun 2022 ini dibagi menjadi empat angkatan yang diselenggarakan pada 19 Juli, 26 Juli, 9 Agustus, dan 10 Agustus. Pada penyelenggaraan angkatan pertama yang diadakan di Hotel Sagan Heritage. Dihadiri oleh 20 peserta berusia 20-40 tahun yang merupakan perwakilan dari Kemantren Mantrijeron, Gondomanan, dan Gondokusuman.

Terdapat empat materi yang diajarkan dalam Sekolah Demokrasi, yaitu Partisipasi dan Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak (disampaikan oleh KPU), Money Politics dan Politisasi Sara dalam Pemilu dan Pilkada Serentak (disampaikan oleh BAWASLU), Demokrasi, Partai Politik dan Pemilu di Indonesia (disampaikan oleh FISIPOL UMY), dan terakhir Cakap Digital, Strategi Deteksi Hoaks dan Narasi Positif di Media Sosial (disampaikan oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta).

Harapannya Sekolah Demokrasi ini, mampu memunculkan lulusan yang peduli tentang Tata Kelola Pemilu, khususnya dalam Proses Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggara Pemilu di masa mendatang.