Moderasi Beragama Dalam Memperkokoh City Of Tolerance

Perkembangan jaman dan kemajuan media, menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kerukunan dan persatuan Bangsa. Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan "FGD FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Pengurus Rumah Ibadah" dengan tema moderasi beragama dalam memperkokoh city of tolerance pada Kamis 4 Agustus 2022, di Hotel Sagan Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Bayu Laksmono, S.Sos. yang mewakili Kepala Badan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, tugas penguatan kerukunan umat beragama selain dilakukan Pemerintah, juga dilakukan para Tokoh Agama. Para Tokoh Agama, melalui tempat ibadahnya masing-masing merupakan modal yang berharga bagi masyarakat Kota Yogyakarta dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Drs. H. Nur Abadi, MA (Kepala Kemenag Kota Yogyakarta), Prof. Muhammad Chirzin (Ketua FKUB Kota Yogyakarta), Cucu Sutrisno, S. Pd, M. Pd (Setara Institute), dan Wahyu Bintari, S. Psi, M. Psi, Psikolog (Motivator).

Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Forum Kerukunan Umat Beragama yang hadir sebagai wadah koordinasi antar umat beragama, diharapkan dapat berkontribusi dalam menjaga kondusifitas dan stabilitas kerukunan beragama di masyarakat.