Perempuan dan Politik Damai di Kota Yogyakarta

Perempuan merupakan kelompok yang berperan vital dalam berbagai lini kehidupan, terutama di keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu perempuan sangatlah penting untuk mempunyai literasi politik dan demokrasi yang baik. Selain itu salah satu yang perlu diantisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 adalah adanya konflik politik.

Berdasarkan latar belakang tersebut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan pendidikan politik dengan tema “Perempuan dan Politik Damai di Kota Yogyakarta” dengan sasaran peserta dari perempuan-perempuan lintas kelompok agama di Kota Yogyakarta.  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 4 Agustus 2022 di Griya UMKM Yogyakarta dengan menghadirkan Dr. Arifah Rahmawati selaku peneliti dari Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM.

Harapan dari kegiatan ini, para perempuan dan ibu-ibu menjadi satu ujung tombak komunikasi di keluarga,  dan mudah-mudahan bisa mengedukasi keluarga dan lingkungan sekitarnya tentang politik dan demokrasi yang baik.