Pemantapan Rasa Nasionalisme Bagi Pemuda / Mahasiswa Asrama Daerah Kota Yogyakarta Di Asrama Kaltim

(Yogyakarta-14/9/2022) - Dalam upaya mendirikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, Soekarno mengadopsi gagasan Ernest Renan tentang nasionalisme yang merujuk pada kesepakatan politik untuk mencapai cita-cita masa depan bersama sebagai bangsa yang senasib sepenanggungan dan kesediaan berkorban untuk menjaga semangat kebangsaan. 
Bakesbangpol Kota Yogyakarta bersama FPK Kota Yogyakarta bekerjasama melakukan Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu di Asrama Kalimantan Timur dengan dihadiri sebanyak 75 peserta. Sementara itu narasumber pada kegiatan tersebut diisi oleh Budi Santosa, S. STP., M.Si (Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta), Drs. Ki Sutikno (Budayawan), Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), dan Ki Demang Wangsa Saifudin (FPK Kota Yogyakarta). 
Bapak Kepala Bakesbangpol memberi arahan bahwa sebagai mahasiswa rantau nikmatilah keindahan jogja baik wisata maupun budaya sebagai pengenalan kulturasi di Yogyakarta. Tak lupa sebagai mahasiswa rantau dijogja bisa mengenalkan baik budaya maupun ciri khas dari Kalimantan Timur, karena Yogyakarta sebagai miniaturnya Indonesia. 
Bapak Indaruwanto Eko Cahyono menambahkan menjadi mahasiswa sebagai pondasi dalam perkembangan sumber daya manusia di Negara Indonesia, oleh sebab itu perlunya pendidikan atau sikap kebangsaan dalam mencintai apapun itu tentang Indonesia karena hal itu sebagai dasar rasa Nasionalisme kita.