Rilis Pers Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila “Ormas dan Ketahanan Ekonomi di Tengah Krisis”

Rilis Pers Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila “Ormas dan Ketahanan Ekonomi di Tengah Krisis” 21 September 2022

Dunia berada dalam bayang-bayang krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan invasi Rusia-Ukraina. Krisis ekonomi adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh negara di seluruh dunia. Bagaimana tidak, jika hal tersebut terjadi, kerugian akan menimpa pemerintah dan masyarakat sekaligus. Akhir-akhir ini, masyarakat sedang marak-maraknya memperbincangkan keadaan ekonomi di Indonesia karena adanya pandemi virus corona.

Sejak tahun 2020 pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan extraordinary (luar biasa) untuk mengatasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19, diantaranya adalah realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diarahkan sepenuhnya untuk keperluan tersebut. Pandemi saat ini menjadi tantangan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ekonomi khususnya bagi masyarakat pada kelas menengah kebawah.

Untuk bisa memenuhi target pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah akan terus mendorong ekspansi produksi yang konsisten untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Pelaksanaan berbagai agenda reformasi struktural terus diakselerasi untuk transformasi perekonomian. Investasi harus dipacu serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar global, harus ditingkatkan.

Pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam tata kelola ekonomi Indonesia di tengah krisis global menjadi dasar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila bagi organisasi-organisasi kemasyarakatan di Kota Yogyakarta dengan tema “Ormas dan Ketahanan Ekonomi di Tengah Krisis: Implementasi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” pada Rabu 21 September 2022 bertempat di Hotel Royal Darmo.