Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila Bagi Organisasi Kemasyarakatan

Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Organisasi Kemasyarakatan

 

“Kebangsaan yang Berkebudayaan dalam Semangat Persatuan Indonesia”

Kamis, 3 November 2022

 

(Yogyakarta, 3 November 2022) - Pancasila sejak tahun 1945 sebagai dasar negara kemudian menjadi rujukan berjalannya Negara Indonesia. Sebagai ideologi Pancasila pada hakikatnya bukan merupakan hasil pemikiran seseorang atau kelompok orang sebagaimana ideologi lain, namun Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kebudayaan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara. Secara kultural dasar-dasar pemikiran dan nilai-nilai tentang Pancasila berakar pada nilai-nilai kebudayaan dan nilai-nilai persatuan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia

Pancasila dirumuskan dari nilai budaya bangsa Indonesia yang terdiri dari nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, masyarakat dan keadilan sosial. Ketuhanan Yang Maha Esa, diwujudkan setiap orang seharusnya memeluk agama sesuai keyakinannya, bertoleransi terhadap orang lain yang berbeda agama. Kemanusiaan yang adil dan beradab, diwujudkan dalam bentuk perilaku saling menghargai harkat dan martabat sesama, kesamaan dalam kemasyarakatan dan hukum, saling mengasihi, dan menyayangi.

Persatuan Indonesia, diwujudkan dengan tiadanya diskriminasi individu dan antar golongan, kesediaan bekerja sama untuk kepentingan bersama, bergotong royong, rela berkorban, senantiasa berupaya untuk menciptakan kerukunan. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan diwujudkan ke dalam bentuk menyelesaikan masalah dengan musyawarah, demokrasi substansial, dan tidak memaksakan kehendak. Sedang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, diwujudkan dalam bentuk perilaku menghargai hak orang lain, karya cipta orang lain, dan mengedepankan kewajiban kemudian hak yang dilaksanakan secara seimbang.

 

Berdasarkan latar belakang tersebut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Organisasi Kemasyarakatan dengan tema “Kebangsaan yang Berkebudayaan dalam Semangat Persatuan Indonesia” pada Rabu, 3 November 2022 di Hotel Royal Darmo.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan narasi aktualisasi Pancasila organisasi-organisasi kemasyarakatan di Kota Yogyakarta pada bidang kebudayaan dan merumuskan aksi bersama untuk penguatan praktik budaya Pancasila di Kota Yogyakarta. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Pusat Studi Pancasila dan Kebudayaan UNY dengan materi Pancasila sebagai Jiwa dan Pemersatu Kebudayaan Indonesia), Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan paparan tentang Budaya Yogyakarta dalam Bingkai Ke-Indonesia-an, dan seniman Nanang Pancasila yang memaparkan tentang Kesenian sebagai Ekspresi Kebangsaan