Podcast Diaspora : Bersama Mewujudkan  Pemilu  dan Pilkada yang Membahagiakan

Hari ini kita akan mengenal konsepsi Human Development Index, sebuah komposisi statistik teori ekonomi yang dipergunakan untuk mengukur kebahagiaan suatu masyarakat menggunakan ekspektasi umur, pendidikan dan pendapatan per kapita. Dirumuskan oleh Amartya Sen, seorang peraih nobel untuk sumbangsihnya terhadap perkembangan pengetahuan dan kemanusiaan.

Melalui rumusannya, masyarakat dunia mampu diidentifikasi sebab musabab ketidaksejahteraannya, dan hak-haknya yang belum terpenuhi. Yang selama ini tenggelam hanya sekedar melalui hitung-hitungan GDP. Maka kita melihat memang ada pertalian erat antara kebahagiaan, pemerintahan dan politik.

 Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 membutuhkan sumberdaya manusia yang banyak dan memiliki kompetensi kuat untuk menyukseskan penyelenggaraannya. Semua masyarakat memiliki hak untuk berperan dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sebagai penyelenggara di tingkat apapun. 

Berdasarkan latar belakang tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan podcast dengan Tema “Menggembirakan Demokrasi Kita: Bersama Sukseskan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang Berkualitas”. Jangan lupa saksikan Podcast pada hari Senin 7 November 2022 Pukul 10.00 WIB melalui Streaming Youtube dan Facebook dari Bakesbangpol Kota Yogyakarta dan Tribun Jogja.