GELAR KEBANGSAAN KOTA YOGYAKARTA

GELAR KEBANGSAAN KOTA YOGYAKARTA

(Yogyakarta , 11 November 2022) Indonesia adalah keindahan tiada tara, disanalah nyiur melambai dengan begitu eloknya. Persada Nusantara yang permai, Gemah Ripah Loh Jinawi bagi bangsanya. Indonesia, sebuah bangsa besar dengan Kebhinekaan dan keluhuran budayanya yang menjadi kekuatan. Semangat persatuan bangsa, terwujud dalam Pancasila yang diamini oleh setiap warganya. Tentunya, sudah menjadi hak dan kewajiban bagi kita bersama, untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kota Yogyakarta bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia dengan segala keberagaman yang dimilikinya. Di kota ini, kebhinekaan suku bangsa, ras, dan agama melebur menjadi satu dalam bingkai Pancasila. Dengan predikatnya sebagai kota pendidikan serta city of tolerance , kota ini menjadi  rujukan bagi muda mudi dari seluruh Indonesia untuk menimba ilmu. Keramahan warganya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi muda mudi dari berbagai daerah untuk memantapkan hati merantau di Kota Yogyakarta. Hal tersebut tidak lepas dari luhurnya budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat kota Yogyakarta. Oleh karena itu, visi Pemerintah Kota Yogyakarta untuk meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai kota yang nyaman huni adalah utama untuk diwujudkan. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta, mengilhami visi tersebut dengan melaksanakan berbagai upaya untuk menguatkan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta. Salah satunya adalah dengan mempersembahkan Gelar Kebangsaan Kota Yogyakarta.

Konsep Gelar Kebangsaan Kota Yogyakarta adalah sebuah pagelaran yang tujuannya memantapkan wawasan kebangsaan serta nasionalisme dengan formulasi Tari, Musik, dan Komedi. Formulasi yang bertema kebangsaan tersebut, diharapkan mudah untuk diterima oleh masyarakat secara luas untuk menguatkan nasionalisme serta rasa cinta tanah air sehingga terwujud persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat di Kota Yogyakarta. Pemeran utama dalam pagelaran melibatkan tokoh seniman Kota Yogyakarta serta mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia sebagai representasi Bhinneka Tunggal Ika.

Pada tahun ini, Gelar kebangsaan Kota yogyakarta bertema Bahtera Svara Melodi untuk Bangsa”. Selain pementasan utama, terdapat pula Street Art yang dibawakan oleh para Mahasiwa Daerah sebagai rangkaian pembukanya. Diharapkan dengan strategi ini, akan terbuka wawasan baik dari masyarakat kota Yogyakarta, maupun masyarakat pendatang akan kekayaan indah budaya di Indonesia serta pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan tawa bersama dan hati bahagia, kita implementasikan predikat city of tolecance bagi seluruh masyarakat kota Yogyakarta.

Salam Pancasila, Salam Bhinneka Tunggal Ika, dari Jogja untuk Indonesia.