Knowlegde Transfer Forum Untuk Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik

(Yogyakarta, 15 November 2022) - Peran partai politik dewasa ini sangatlah penting dalam sistem politik di Indonesia karena menjadi poros penting dalam proses demokrasi. Parpol tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga untuk mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat ke dalam sistem politik. Parpol tidak hanya berperan dalam mempersiapkan para kader calon pemimpin bangsa untuk dicalonkan melalui pemilihan lui pemilihan umum untuk menduduki berbagai jabatan dalam lembaga legislatif/eksekutif, tetapi juga memperjuangkan kebijakan publik ebijakan publik berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat. 
    Untuk itu Parpol memerlukan sumber daya agar dapat bertahan dan mengoperasikan struktur dasar partai untuk ntuk ntuk merepresentasi rakyat, mengembangkan kapasitas bersaing dalam pemilu, dan berkontribusi secara kreatif dalam dalam dalam perdebatan kebijakan publik. Proses politik demokratis tidak akan dapat berlangsung tanpa sumber keuangan. Tanpa dana yang memadai, Parpol tidak akan dapat mengorganisasi dirinya, para politisi tidak akan dapat berkomunikasi dengan publik, dan kampanye pemilu mpanye pemilu tidak akan dapat dilaksanakan. 
    Persoalan transparansi atas pendanaan Parpol masih menjadi tantangan hingga saat ini. Harapan publik untuk dapat ntuk dapat mengakses dokumen laporan keuangan keuangan masih sulit dijamin. Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Parpol adalah keniscayaan karena sebagai institusi publik publik publik Parpol Parpol mempunyai peran besar dalam menjaga demokrasi dan mengelola pemerintahan.    
    Menindaklajuti kebutuhan untuk tertib administrasi bantuan keuangan untuk partai politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan “Knowledge Transfer Forum untuk Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 15 November 2022 pukul 08.00 WIB – selesai di Hotel New Saphire dengan peserta Kader-Kader Partai Politik Penerima Bantuan Keuangan Partai Politik.