Anugerah Pemenuhan Hak dan Perlindungan  Anak KPAID Award

Berdasar pada Permendagri No 71 thn 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan dikuatkan dengan Perda DIY no.1 th 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta berupaya memberikan pemenuhan hak anak terkait pendidikan Pancasila, Wawasan kebangsaan, serta penanaman rasa nasionalisme dengan meluncurkan inovasi program Parenting Kebangsaan bersama siKumbang.
Parenting kebangsaan adalah strategi implementasi Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi anak usia dini serta lingkup keluarga, sehingga dapat mendukung terciptanya generasi muda yang berjiwa pancasila, patriot bangsa, agen persatuan dan kesatuan bangsa.
SiKumbang adalah akronim Kartu Tumbuh Kebangsaan yang hadir sebagai tools pendamping Parenting Kebangsaan untuk mengukur dan menjaga wawasan kebangsaan serta implementasi nilai Pancasila anak dalam kehidupan sehari-hari dari usia 0-60 bulan.
Puji syukur kehadirat Tuhan YME, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta meraih predikat sebagai OPD Ramah Anak terbaik dalam KPAID Awards Kota Yogyakarta tahun 2022 dengan program unggulan Parenting Kebangsaan bersama siKumbang yg diumumkan pada tanggal 25 November 2022.
Semoga predikat ini dapat menjadi salah satu motivasi pendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat, khususnya Kota Yogyakarta.