Harapan Peningkatan Mutu Bangsa, Pelantikan Pengurus Lapenmi Cabang Yogyakarta Tahun 2023

Harapan Peningkatan Mutu Bangsa, Pelantikan Pengurus Lapenmi Cabang Yogyakarta Tahun 2023

 

Yogyakarta Kamis (19/01/2023). - Pelantikan dan Diskusi Publik pengurus Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (Lapenmi) Cabang Yogyakarta tahun kepengurusan 2023 mendapat sambutan penuh harapan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta. Sebab, negara berdiri karena pemuda terpelajar dan kini mereka secara konsisten bergerak pada pengembangan mutu bangsa.


Plt. Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Widyastuti, S.S., M.Hum mengatakan proses berdirinya negara Republik Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran pemuda terpelajar. Ia meneggaskan bahwa pemuda terpelajar adalah penggagas kebangsaan dan penggerak nasionalisme Indonesia. 


"Gerakan kebangkitan bangsa kita lahir dari para pemuda intelektual di tahun 1908 dengan berdirinya Boedi Oetomo, Dan kesadaran kebangsaan kita lahir di tahun 1928 dengan penyatuan bangsa, bahasa dan tanah air oleh para pemuda intelektual dengan sumpah pemuda" katanya di Pelantikan Lapenmi Cabang Yogyakarta 2023 di Ruang Bima, Balaikota Yogyakarta


Himpunan Mahasiswa Islam sebagai wadah pemuda terpelajar yang beragama Islam tidak lupa diberikan pengertian akan pentingnya peningkatan penguasaan literasi. Indonesia memiliki pekerjaan rumah (PR) akan kondisi kurangnya tingkat penguasaan literasi. Oleh karena itu, Lapenmi diharapakan sebagai mesin perubahan yang dapat bekontribusi kepada bangsa untuk peningkatan literasi nasional. Terlebih lagi pengurus terlantik adalah pengurus Lapenmi cabang Yogyakarta dimana Kota Yogyakarta memiliki predikat sebagai "kota pelajar" sehingga semestinya menjadi barometer penguatan literasi nasional.  


"tingkat literasi Indonesia belum lah bisa dibanggakan, Pengurus Lapenmi yang akan dilantik memiliki tugas untuk mengobati penyakit tersebut. Lapenmi Cabang Yogyakarta berada di Kota Pelajar, Kota Pendidikan, dan Kota Intelektual. Oleh sebab itu pengurus terlantik nanti secara otomatis mengemban identitas tersebut" imbuhnya.  


Selain itu Lapenmi sebagaimana ruang pendidikan dalam sebuah himpunan pemuda terpelajar di Yogyakarta diharapkan mampu meneruskan semangat founding father negara yang mana juga adalah pemuda terpelajar pada masanya. Tidak Lupa ia merekomendasikan akan sadar mengenai kemahasiswaan pengurus Lapenmi terlantik agar jangan kehilangan kekuatan dasarnya yakni daya baca, daya pikir, dan daya diskusi. 


"Pengurus Lapenmi sebagai mahasiswa patut mewarisi semangat founding father negara kita yang juga dulunya adalah mahasiswa. Sebagai mahasiswa harus berdaya betul baik bacaan, pikiran, dan diskusi" katanya.  


Terakhir, ia memberikan pengertian kepada pengurus terlantik Lapenmi Cabang Yogyakarta sebagai lapak ilmu untuk pemuda terpelajar Humpunan Mahasiswa Islam. Bahwa dalam upaya peningkatan mutu SDM Lapenmi memiliki peran yang sangat besar dalam mencetak guru-guru berkualitas yang sangat bermanfaat untuk perubahan bangsa menuju lebih baik. Dan ia tidak lupa mengingatkan kepada HMI agar tetap identik dengan pergerakan dan keilmuan. 


"Kami memiliki harapan besar kepada Lapenmi untuk bisa menjadi pencetak guru-guru yang memiliki kualitas mumpuni sehingga nantinya dapat menjadi agent of change bagi bangsa kita. Terakhir Kami berpesan kepada HMI untuk terus konsisten menjaga marwah pergarakan dan marwah keilmuannya" pernyataan pamungkas dari Widyastuti dalam sambutannya.