Deklarasi Pemilu Damai   “Bersama Cinta Jogja”

Pada hari Senin 20 Maret 2023 pukul 15.45 s/d 17.00 WIB di TMPN Kusumanegara (Jalan Soga, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta) telah berlangsung kegiatan "Deklarasi Pemilu Damai, Bersama Cinta Jogja" yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Yogyakarta dengan penanggung jawab Bapak Tri Agus Inharto, SH (Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta) dan dihadiri lebih kurang 500 orang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sumadi, SH, MH (Pj. Walikota Yogyakarta), Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, S. Sos (Dandim 0734 / Kota Yogyakarta), Kombes Pol Saiful Anwar, S. Sos, S. IK, MH (Kapolresta Yogyakarta), Saptana Setya Budi, SH, MH (Kepala Kejari Kota Yogyakarta), H. Danang Rudyatmoko (Ketua DPRD Kota Yogyakarta), Sutrisnowati, SH, MH, M. Psi (Ketua Bawaslu DIY), Hidayat Widodo, S. IP (Ketua KPU Kota Yogyakarta), AKBP Sugiyono, S. Pd (Binda Kota Yogyakarta), Kapten Inf Makassau, SH (Pasi Intel Kodim 0734 / Kota Yogyakarta), Bakesbangpol Kota Yogyakarta, Bawaslu Kabupaten / Kota se-DIY, Kemantren se-Kota Yogyakarta, Tokoh Agama se-Kota Yogyakarta, Parpol Peserta Pemilu 2024 Kota Yogyakarta, Panwas tingkat Kemantren se-Kota Yogyakarta, Panwas tingkat Kelurahan se-Kota Yogyakarta, Laskar Joxzin, Laskar Tentara Langit, Laskar Brigade Saddam Hussein dan Ormas Merkid's.

Dalam sambutannya Sumadi, S.H., M.H (PJ Walikota Yogyakarta) menjelaskan, “Alhamdulillah kita semua dapat melaksanakan kegiatan Deklarasi Damai di TMPN Kusumanegara Yogyakarta. Mewakili seluruh perangkat Pemerintan Kota Yogyakarta saya mengajak kita semua untuk cinta Kota Yogyakarta. Kami berharap dengan Deklarasi ini dapat menjadi pemantik untuk selalu ingat akan kedamaian dan kelancaran Pemilu 2024. Setidaknya kita bisa menjaga cipta kondisi Kota Yogyakarta. Ayo kita gerakan budaya memilih yang demokratis, jujur, adil, transparan, akuntabel dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara. Ayo kita semua ciptakan Pemilu yang bahagia, damai dan adil di kota Yogyakarta.”

Naskah Ikrar Bersama Cinta Jogja dibacakan oleh Bapak Sumadi S. H., M. H (Pj. Walikota Yogyakarta dengan diikuti oleh segenap peserta:

1. Mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung secara umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

2. Mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan menggembirakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta

3. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan, nilai-nilai moral, dan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Kota Yogyakarta

4. Menolak segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan

5. Mendukung pengekkan hukum yang berlaku dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kota Yogyakarta.

Melalui kegiatan ini harapannya dengan Deklarasi ini dapat menjadi pemantik untuk selalu ingat akan kedamaian dan kelancaran Pemilu 2024. Setidaknya kita bisa menjaga cipta kondisi Kota Yogyakarta. Ayo kita gerakan budaya memilih yang demokratis, jujur, adil, transparan, akuntabel dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara. Ayo kita semua ciptakan Pemilu yang bahagia, damai dan adil di kota Yogyakarta.