Hari Ke Empat Rangakaian Kegiatan Sinau Pancasila Kota Yogyakarta Tahun 2023

Di hari keempat (22/5) rangkaian sinau Pancasila ini dilaksanakan di Kelurahan Klitren (Jalan Mangga Nomor 11, Gondokusuman, Kota Yogyakarta) pukul 13.15 s/d 15.15 WIB. Dihadiri oleh tiga narasumber yakni Bapak Fx. Wisnu Sabdono Putro, SH (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Bapak Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta), Ibu Wuri Astuti (TP. PKK Kota Yogyakarta) serta lebih kurang 45 peserta.

Diawali sambutan oleh Bapak Akhmad Zainuri, S. Sos (Lurah Klitren Kota Yogyakarta) memberi pengantar kepada peserta untuk merefleksikan kembali pengamalan Pancasila di kehidupan bermasyarakat. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, sumber kebijakan, sumber moral dan etik penyelenggara negara mesti di aktualisasikan dengan bijak sebab Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa. Bapak Fx. Wisnu Sabdono Putro, SH (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) mengajak masyarakat untuk mendukung Pemerintah dalam mengatasi masalah mendasar yang menjadi persemaian berbagai ancaman yang ada termasuk radikalisme. Sejumlah masalah mendasar adalah mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan, “karena itu dukung Pemerintah laksanakan kebijakan pembangunan yang mampu atasi masalah kemiskinan dan kesenjangan ini serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera Bangsa Indonesia akan semakin kuat dan hebat” ujar Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta tersebut.

Diakhiri materi oleh Ibu Wuri Astuti (TP. PKK Kota Yogyakarta) masyarakat bertanggung jawab terhadap pemenuhan komponen ketahanan keluarga yakni menyediakan fasilitas fisik dan non fisik untuk mendukung pembangunan ketahanan keluarga dilingkungannya, penyelenggaraan edukasi dan konsultasi ketahanan keluarga, serta memberikan usulan, masukan, dan saran yang membangun terhadap kebijakan pembangunan ketahanan keluarga di daerah.

Kegiatan sinau Pancasila di Kelurahan Klitren berjalan dengan lancar dengan dukungan dari para peserta melalui penyampaian gagasan terkait kebangsaan dan pola asuh anak di akhir kegiatan.