HUT Ke-76 Pemerintah Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta resmi merayakan hari jadinya yang ke-76 tahun pada hari Rabu 7 Juni 2023. Upacara dalam rangka HUT Ke-76 Pemkot Yogyakarta ini dilaksanakan di Balai Kota Yogyakarta pada pukul 07.30 s/d 09.00 WIB. Di tahun ini, Pemkot Jogja mengambil tema “Tatag, Teteg, Tutug” sebagai wujud dalam membangun dan mempertahankan semangat dan tanggung jawab dalam melaksanakan segala amanah tugas yang diberikan serta tantangan yang dihadapi.

Upacara dibarengi dengan pemotongan tumpeng bersama perwakilan organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemkot Yogyakarta. Masing-masing perwakilan organisasi pemerintah daerah (OPD) Kota Yogyakarta membawa tumpeng jajanan pasar yang dijadikan satu di depan lapangan upacara. Pemotongan tumpeng juga langsung dilakukan oleh PJ Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H.,M.Ed.

Seluruh pegawai Pemkot Yogyakarta berama-ramai menggunakan pakaian adat Gagrak Ngayogyakarta jangkep serta atribut lengkap. Upacara dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Jawa.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT Pemkot Yogyakarta Ke-76 telah dimulai sejak tanggal 5 Juni 2023 yakni YoGowes Napak Tilas 76 tahun Pemkot Yogyakarta yang dibersamai dengan PJ Walikota serta jajaran dinas terkait Pemkot Yogyakarta yang melewati rute Ndalem Poenokawan-Sasono Hinggil Alun-alun Selatan-Ndalem Notokusuman-Balaikota, tanggal 6 Juni 2023 menyelenggarakan Pameran Foto Metamorfosa di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, dan tanggal 7 Juni 2023 melaksanakan Kenduri Jogja Peluncuran Prangko Seri Malioboro di Hotel Phoenix.