Pembinaan Ormas dengan Strategi Fund Rising Bagi Ormas

Ormas memiliki peran yang sangat vital dalam memajukan masyarakat dan mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa menjalankan organisasi tidaklah mudah, terutama dalam hal keuangan. Oleh karena itu, tema fundraising ini menjadi sangat relevan untuk kita diskusikan dan pelajari bersama.

Fundraising atau penggalangan dana merupakan upaya untuk mendapatkan dana yang diperlukan dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan ormas. Dana ini digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya yang dilaksanakan oleh ormas. Dalam kondisi yang semakin kompleks dan tantangan yang semakin beragam, fundraising menjadi salah satu strategi yang penting untuk menjaga keberlangsungan dan kelangsungan hidup ormas.

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pembinaan Ormas dengan tema “Strategi Fund Rising Bagi Ormas” pada hari Kamis 13 Juli 2023 Pukul 09.00 s/d 11.55 di Hotel Dafam Fortuna Malioboro (Jalan Dagen No 60, Malioboro, Yogyakarta). Kegiatan ini mengundang Ormas dari PD Muhammadiyah, PC NU, Wahdah Islamiyah, DPC Persikindo, Iwapi, BEM Nusantara, Yayasan Melati Suci, IMC, IPNU dan Gerakan Wanita Sejahtera. Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh Hendro Muhaimin (PSP UGM), Methodius Kusumahadi (Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan SATUNAMA) dan M. Nurcholis F (Bagian Perekonomian Setda Kota Yogyakarta).

Widiyastuti S.S., M.Hum (Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) dalam sambutannya mengatakan, “Ormas di Kota Yogyakarta memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan masyarakat. Mereka aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial, budaya, dan lingkungan yang berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Sengaja peserta yang diundang adalah ormas yang siap bergerak dengan swadana organisasi. Diharapkan nanti bisa sharing tentang kepentingan ormas terhadap fundrising.

Methodius Kusumahadi (Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan SATUNAMA) dalam tema tema “Metode dan Pendekatan FR yang efektif dalam mengumpulkan dana dari berbagai sumber” menjelaskan bahwa Alasan dasar fundraising kegiatan ini adalah suatu investasi untuk melanggengkan kehendak baik, kegiatan ini adalah mandat dari organisasi dan sebagai upaya fundraising menggunakan prinsip prinsip pengorganisasian, manajemen, penjualan dan pemasaran.

Penyampaian materi oleh Hendro Muhaimin (PSP UGM) dengan tema “Konsep Dasar Fundrising, Strategi Penggalangan Dana, Dan Manajemen Keuangan Untuk Ormas” menyampaikan Keberadaan organisasi kemasyarakatan diyakini mampu menjadi perekat kebangsaan. Institusi nonpemerintah yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat dapat menjembatani antara kepentingan rakyat dan negara. Manajemen keuangan sangat tergantung pada SDM, digitalisasi sekarang ini memberikan transformasi cara penggalangan dana dan meyakinkan donatur. Sistem penganggaran saat ini sangat rigit dan detail, maka ini menjadi tantangan ormas agar ada keseriusan dan transparansi penganggaran.

 

Sementara dari M. Nurcholis F (Bagian Perekonomian Setda Kota Yogyakarta) dengan tema “Kerjasama Dengan Pemerintah Daerah Dalam Hal Penggalangan Dana Dan Program-Program Pengembangan Ekonomi Bagi Ormas” menambahkan Bagi ormas yang akan bekerjasama dengan pemerintah diharapkan dapat datang ke OPD yang berkaitan untuk melakukan pemetaan kegiatan apa yang dapat dikerjasamakan. Karena jika tidak melalui OPD akan sulit dikerjasamakan dengan pemerintah.

Kegiatan pembinaan ormas ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi Ormas di Kota Yogyakarta dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam menggalang dana. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui kegiatan ini, diharapkan Ormas dapat lebih mandiri dan berkelanjutan dalam menjalankan program-program mereka serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan masyarakat di Kota Yogyakarta.