Sinau Pancasila, Petualangan Garuda 2023

Kota Yogyakarta - Pemuda memiliki peran penting dalam peningkatan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan di sebuah negara. Kreativitas pemuda merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan dalam konteks ini. Perlunya kreativitas pemuda dalam peningkatan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan diantaranya Mendorong Inovasi dan Perubahan, Mewujudkan Ekspresi dan Representasi Budaya, Memperkaya Pemahaman Sejarah dan Perjuangan Bangsa, Menggalang Solidaritas dan Kolaborasi dan Menginspirasi Generasi Muda.

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Sinau Pancasila Petualangan Garuda pada hari Selasa 18 Juli 2023 di Kampoeng Mahoni (Hargobinangun, Pakem, Sleman) dengan peserta Pelajar dari SMP Muh 7 Yogyakarta, SMP N 13 Yogyakarta. SMP N 10 Yogyakarta, SMP N 12 Yogyakarta, SMP Bopkri 3 Yogyakarta, SMP PL 1 Yogyakarta, SMP Muh 3 Yogyakarta, SMP N 6 Yogyakarta, SMP N 1 Yogyakarta, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan SMP TD IP Yogyakarta. Pada kegiatan ini diawali dengan Outbond yang dipandu oleh Andromeda dengan permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakkan antar teman. Setelah kegiatan outbond dilanjut penyampaian materi oleh Diasma Sandi Swandaru, S.Sos., M.H. (PSP UGM) dan Bapak Triyono Hari Kuncoro (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta). Selepas kegiatan ini para peserta melakukan pemakaian pin garuda sebagai tanda dilantiknya “Agen Petualangan Garuda”.

Diasma Sandi Swandaru dalam materinya menyampaikan, “Tiga warisan besar pendiri bangsa adalah Pancasila, Proklamasi Kemerdekaan dan Wilayah Indonesia. Maka tantangan di era digital ini yang biasa kita sebut Proxy War perlunya kita mempertahankan NKRI kita melalui media sosial dan digital dengan mengkampanyekan Indonesia yang positif dan maju”.

Sementara Bapak Triyono Hari Kuncoro menyampaikan, “Pemuda yang kreatif dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda lainnya. Melalui prestasi dan kontribusinya, mereka dapat membantu membangun citra positif tentang bangsa mereka dan menggugah semangat serta kebanggaan dalam diri generasi muda lainnya”.

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan Sinau Pancasila Petualang Garuda ini adalah memberikan pembinaan serta ruang ekspresi terkait kreatifitas dan inovasi bagi pelajar kota yogyakarta dalam upaya peningakatan Rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda. Selain itu, diharapkan dapat melahirkan Agen Garuda, yang dapat menjadi komunitas kebangsaan di lingkup sekolah.