TPA Piyungan Ditutup!!! Toilet Training Anak Usia Dini dapat jadi Solusi Pengurangan Sampah

Saat ini kita digemparkan dengan permasalahan baru yaitu penutupan TPA Piyungan. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menutup Tempat Pembuangan Akhir Regional Piyungan mulai tanggal 23 Juli 2023 hingga 5 September 2023. Penutupan tersebut diinfokan melalui surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono pada 21 Juli 2023. Tentunya  hal ini membuat seluruh warga Yogyakarta merasakan dampak dari penutupan TPA tersebut. Termasuk para orang tua balita, mereka tentu merasa kebingungan dengan alokasi limbah sampah popok. Mungkin saat ini belum terasa bingung untuk mengatasi permasalahan  tersebut, namun penutupan TPA dua bulan bukanlah waktu yang sebentar. Maka dari itu perlu adanya solusi untuk meminimalisir sampah popok.

Parenting Kebangsaan memiliki solusi untuk hal ini dengan mengajak orang tua untuk menerapkan toilet training pada anak. Hal ini selaras dengan tugas perkembangan anak yang tercantum dalam kartu tumbuh kebangsaaan atau Si Kumbang pada usia 47 bulan yaitu anak harus mampu membuang air kecil tanpa bantuan.

Tugas perkembangan ini dapat dibiasakan lebih dini. Jika anak mulai belajar toilet training dan terbiasa membuang air tanpa bantuan tentunya sampah popok yang ada di Yogyakarta juga akan mengurang. Selain pengurangan sampah toilet training juga memiliki beberapa manfaat, berikut diantaranya:

1.      Mengurangi sampah

2.      Meminimalisir ketergantungan anak pada popok

3.      Membuat anak lebih peka dengan keadaan diri

4.      Melatih pengendalian diri anak

5.      Membuat anak lebih mandiri

6.      Membuat anak percaya diri

7.      Meminimalisir pengeluaran keuangan orang tua

Anak dapat dilatih toilet training saat mulai usia 2 taahun.  Setelah kita ketahui manfaatnya, kita perlu mengetahui bagaimana pelaksanaan toilet training pada anak.

Berikut pembahasannya:

1.      Ajarkan anak bagaimana cara duduk atau jongkok saat buang air

2.      Ajarkan anak mengungkapkan dengan kata saat merasa ingin buang air

3.      Kenali isyarat saat anak ingin buang air

4.      Rutinkan anak ke toilet

5.      Pilihlah celana untuk anak yang mudah dilepas selama proses belajar

6.      Ajak anak untuk buang air sebelum tidur

7.      Saat anak mengompol tidak perlu memarahi anak

8.      Berilah pujian saat anak sudah berhasil melakukan toilet training

9.      Ceritakan hal-hal positif apabila anak mampu tidak memakai popok

 

Itulah upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah popok. Anak mandiri,  sampah berkurang, kota bersih. (Tiara PB)

sumber: Parenting Kebangsaan Kota Jogja