Peran Orang tua dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di dalam Keluarga

Masalah narkoba saat ini merupakan masalah yang dekat dengan remaja. Remaja merupakan generasi yang masuk dalam krisis pencarian jati diri. Masa remaja merupakan masa pencarian identitas diri yang dapat dipengaruhi pihak internal maupun eksternal. Usia remaja sebagai kelompok yang memiliki rasa ingin mencari tahu tinggi, ingin coba-coba dan ingin lebih banyak dikenal oleh orang lain. Dari berbagai sikap dan kondisi remaja tersebut dapat berdampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatifnya yaitu remaja justru terjerumus ke pergaulan yang tidak sehat. Pergaulan tidak sehat ini seperti kelompok kejahatan jalanan, seks bebas, minum alkohol, dan bahkan pemakai narkoba.

Penyimpangan remaja terkait permasalahan penyalahgunaan narkoba bukan menjadi hal tabu. Salah satu faktor penyebab penyimpangan remaja dalam pennyalahgunaan narkoba adalah tidak harmonisnya hubungan orang tua dan anak. Remaja yang menyalahgunakan narkoba merasa bahwa orang tua: 1) tidak peduli, 2) berkuasa, 3) sering menyalahkan, 4) otoriter.  Justru sebaliknya yang dirasakan oleh remaja yang memiliki keharmonisan dengan orang tua merasakan kemungkinan kecil anak tidak terlibat dalam penggunaan narkoba.

Dari permasalahan tersebut, maka perlu peran penting orang tua dalam upaya pencegahan remaja melakukan penyalahgunaan narkotika.  Pertama, orang tua perlu memiliki peran sebagai pendengar yang baik bagi anak. Orang tua perlu memiliki komunikasi yang efekktif dan positif. Komunikasi yang efektif dapat membantu orang tua secara efisien, maksimal dalam mendengar, dan memberikan perhatian penuh, menerapkan dan melakukan sikap positif yang dilakukan baik orang tua maupun anak. Dari aktivitas tersebut, maka keluarga yang dibangun antara orang tua dan anak dapat membangun kenyamanan bagi keluarga. Anak juga perlu memberikan kesempatan bagi orang tua untuk menjadikan orang tua sebagai teladan.  

Dapat disimpulkan bahwa segala kondisi remaja dapat dipengaruhi oleh peran orang tua. Orang tua memiliki kewajiban dalam mendidik dan menciptakan keluarga yang harmonis. Sehingga peran orang tua di dalam keluarga memengaruhi perilaku penyimpangan remaja dalam penyalahgunaan narkoba.  (Hanipd)