SELEKSI TULIS OLIMPIADE DEMOKRASI

Pada hari Jumat, 8 September 2023 pukul 08.00  s/d 11.30 WIB di Gedung Bima Balaikota Kota Yogyakarta telah berlangsung kegiatan Seleksi Tulis Olimpiade Demokrasi. diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta dengan peserta 20 Tim (60 orang). Bakesbangpol Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) sebagai fasilitator untuk kegiatan Olimpiade Demokrasi.

Demokrasi dalam pelaksanaannya belum bisa menyatu dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bagi beberapa masyarakat masih memahami demokrasi sebagai sesuatu yang tidak bisa dijamah oleh masyarakat. Misalkan dalam kampanye, masih banyak yang memahami bahwa kampanye adalah konvoi war wer wor yang seringnya menjadikan ketakutan dan ketidaknyamanan di masyarakat. Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan makna kampanye yang diharapkan. Maka nantinya melalui generasi kalian agar dapat memberikan warna yang baik terhadap demokrasi Indonesia kedepannya.

 

Dalam sambutan oleh Budi Santoso,S.STp.,M.Si, Plt. (Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) menyampaikan, “Terimakasih kepada semua team yang sudah masuk babak seleksi tulis atas kedatangannya, dan selamat kepada semua peserta yang telah masuk babak ini, setelah melewati dari 40 lebih peserta yang mendaftar, didapatkan 20 team yang ada dalam ruangan ini. Selamat berjuang, selamat mengerjakan soal-soal yang diberikan dan semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Pada kegiatan Seleksi Tulis Olimpiade Demokrasi ini peserta yang lolos sebanyak 20 tim dengan 1 tim mempunyai 3 anggota yaitu MAN 1 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, SMA N 1 Yogyakarta, SMA N 1 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, SMAN 5 Yogyakarta, SMAN 6 Yogyakarta, SMAN 6 Yogyakarta, SMAN 7 Yogyakarta, SMAN 10 Yogyakarta, SMAN 11 Yogyakarta, SMAN 11 Yogyakarta, SMKN 4 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMK Perkebunan MM52 Yogyakarta, SMA Stella Duce 2 Yogyakarta, SMA BIAS Yogyakarta, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

 

Pada peraturan Seleksi Tulis ini ada beberapa aturan yaitu dikerjakan secara kelompok dengan kelompoknya. Dilarang menggunakan gadget dan atau contekan. Jika didapati demikian, tim langsung didiskualifikasi. Soal terdiri dari pilihan ganda sejumlah 40 soal dan esai sejumlah 10 soal. Skor Pilihan Ganda: Benar: +3, Salah: -1, Tidak Dijawab: 0. Kemudian pada ESAI: Benar: 5-10 bergantung ketepatan dan kelengkapan jawaban, Salah: 0.

Pada kegiatan Seleksi Tulis, peserta diberikan waktu selama 120 menit. Penjurian akan dilakukan oleh Tim Komite Independen Sadar Pemilu (KISP). Hasil penilaian akan dibagikan kepada peserta paling lambat Sabtu, 9 September 2023 Pukul 17.00 WIB. Bagi team yang masuk babak 10 besar nantinya akan dilakukan technical meeting pada hari senin pukul 13.00 WIB.