Konsolidasi Demokrasi: “Aksi Anak Bangsa untuk Negeri

Pada hari Kamis, 14 September 2023 pukul 08.00  s/d 12.00 WIB di Hotel Burza telah berlangsung kegiatan Forum Kader Demokrasi. diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta dengan dihadiri oleh para peserta Sekolah Demokras, Kelas Demokrasi dan FKPO SMA/SMK Kota Yogyakarta. Pada kegiatan ini narasumber diisi oleh Frenky argitawan Mahendra S.Pd, M.Pd (KPU Kota Yogyakarta), Andie kartala S.Pd (Bawaslu Kota Yogyakarta) dan Azka Abdi Amrurobbi (KISP).

 

Tema Forum Kader Demokrasi yang diusung, "Konsolidasi Demokrasi: Aksi Anak Bangsa untuk Negeri," mencerminkan urgensi dan komitmen para generasi muda dalam mengambil peran penting dalam menjaga dan memperkuat fondasi demokrasi yang telah dibangun selama ini. Demokrasi bukanlah sebuah entitas statis, melainkan sebuah proses yang senantiasa membutuhkan perhatian, partisipasi, dan pembaruan.

Widiyastuti, S.S., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, “Forum Kader Demokrasi menjadi sebuah langkah signifikan untuk menghimpun energi, gagasan, dan semangat para alumni kegiatan tersebut dalam upaya menjaga dan memajukan demokrasi di tingkat lokal, serta memastikan partisipasi aktif mereka dalam proses-proses politik dan demokrasi di masa mendatang.”

  

Kemudian pada saat penjelasan materi dari Frenky argitawan Mahendra S.Pd, M.Pd (KPU Kota Yogyakarta), menyampaikan “Kita sebagai pemilih pada Pemilu tahun 2024 tentunya harus mengetahui tahapan-tahapan Pemilu yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Jika ada Pemilih Pemula yang belum terdata dan sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih, sebagai kader demokrasi saya harapkan kita bisa saling membantu mensukseskan gelaran Pemilu Tahun 2024 ini”.

Andie kartala S.Pd (Bawaslu Kota Yogyakarta) dalam pemaparannya menjelaskan, “Pentingnya pengawasan pada Pemilu itu untuk membantu mengamankan dan mensukseskan Pemilu tersebut. Pengawasan akan mengakar jika Berani untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran, Menjadikan dirinya Pioneer dalam sebuah gerakan “Ayo Mengawasi” bersama dan Mendorong tingginya partisipasi  semua elemen masyarakat”.

 

Forum ini bertujuan untuk merangkul berbagai gagasan dan inisiatif para alumni kegiatan Bakesbangpol, serta memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai peran penting dari lembaga-lembaga terkait dalam menjaga integritas dan keberlanjutan proses demokrasi.

 

Kami yakin bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat dan politik kita. Oleh karena itu, forum ini merupakan panggung untuk berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan tentang demokrasi serta untuk memotivasi aksi nyata demi kemajuan negara kita.