Pembinaan Ormas, Strategi Networking Dalam Pemberdayaan Ormas di Kota Yogyakarta

Pada hari Senin, 18 September 2023 pukul 09.05 s/d 12.05 WIB di Hotel Royal Darmo (Jalan Kemetiran Kidul No 54 Pringgokusunan, Gedongtengen, Koya Yogyakarta ), Telah berlangsung kegiatan pembinaan ormas se-Kota Yogyakarta dengan tema "Strategi Networking Dalam Pemberdayaan Ormas di Kota Yogyakarta".


Diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta dengan penanggung jawab Widyastuti S.S.,M.Hum (Seketarias Bakesbangpol Kota Yk ) dan dihadiri lebih kurang 75 Orang.

Dengan menghadirkan narasumber Tenti Novari Kurniawati, S.P. dari perkumpulan IDEA, membagikan Pengalaman IDEA sebagai Organisasi Masyarakat dalam Pemberdayaan dan Mempertahankan Jaringan.

Latar Belakang tentang IDEA sendiri merupakan LSM atau NGO dengan visi dan misi, yaitu terwujudnya kedaulatan warga di ranah publik yang ditandai oleh pemenuhan hak dasar.

Sedangkan IDEA ini memiliki misi meliputi : 
a. Mempertajam kelompok-kelompok warga untuk merubah alokasi sumber daya publik yang lebih adil dan mendorong kelompok rentan untuk menyuarakan kepentingan mereka dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes).
b. Mendorong perubahan kebijakan alokasi sumber daya publik yang inklusif dan berpihak kepada kelompok rentan, seperti program pendidikan gratis atau terjangkau yang telah diimplementasikan di beberapa daerah di Jawa Tengah.
c. Meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku publik terkait alokasi sumber daya publik.
d. Menjadi organisasi yang kuat dan berkelanjutan dengan fokus pada keberlanjutan pendanaan dan pengelolaan sumber daya manusia

Contoh Program Keberhasilan IDEA Program pengurangan kemiskinan ekstrem di Jawa Timur dan NTB, vaksinasi inklusif, pengumpulan data kemiskinan, penguatan kesiapan tanggap bencana, dan program pengurangan risiko bencana.



Materi berikutnya menghadirkan Joko Susilo, S.I.P. dari Gunungkidul Menginspirasi, membahas tiga topik penting dalam pembinaan organisasi masyarakat, yaitu: (a) Memahami masalah dan menanamkan empati, (b) Inisiasi komunitas kolektif, dan (c) Jaringan dan kolaborasi yang memberi dampak positif.


Beliau juga membahas tiga topik penting dalam pembinaan organisasi masyarakat, yaitu:

  1.  Memahami masalah dan menanamkan empati,
  2.  Inisiasi komunitas kolektif, dan
  3.  Jaringan dan kolaborasi yang memberi dampak positif.


Pemaparan materi berikutnya oleh Ibnu Basuki ( Bagian Kersa Kota Yogyakarta) wawasan tentang peran pemerintah dalam mendukung organisasi masyarakat melalui kebijakan dan kolaborasi.

Dengan kegiatan ini Sekertaris Bakesbangpol, Ibu Widyastuti, S.S.,M.Hum. menyampaikan "saya berharap bahwa ormas-ormas di Kota Yogyakarta dapat membantu dalam menyebarkan narasi positif tentang pemerintah Kota Yogyakarta, jika ada narasi negatif yang muncul."

Kondusivitas wilayah, dengan fokus pada pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan datang di Kota Yogyakarta. Tema utama agenda hari ini adalah "Strategy Networking dalam Pemberdayaan Ormas di Kota Yogyakarta" dengan harapan agar ormas-ormas dapat menjalin kerjasama yang lebih baik, baik di dalam maupun di luar Kota Yogyakarta, serta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.