Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Mantrijeron

Bakesbangpol tidak pernah bosan untuk selalu menggelorakan tagline "pemilu damai dan menggembirakan" karena pemilu damai saja belum cukup, dan berharap bahwa nantinya pemilu di Kota Yogyakarta dapat menggembirakan untuk penyelenggara, pengawas, peserta, serta masyarakat umum untuk mengikuti pesta demokrasi di tanggal 14 Februari 2024.

 

Selasa, 26 September 2023 pukul 15.00 s/d 16.30 WIB di Kemantren Mantrijeron (Jl. DI Panjaitan No.84, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141)  telah berlangsung kegiatan “Deklarasi Pemilu Damai” yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta. Kegiatan ini mengundang dari KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu Kota Yogyakarta,Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Koramil & Polsek Kemantren Mantrijeron, Kemantren Mantrijeron, Perwakilan dari 18 Partai Politik Kota Yogyakarta di Kemantren Mantrijeron /Kota Yogyakarta, Lurah di Kemantren Mantrijeron, PPK, Panwascam, PPS, PKD di Kemantren Mantrijeron dan Tokoh Masyarakat di Kemantren Mantrijeron.

Sambutan Sapto Hadi (Perwakilan Mantri Pamong Praja di Kemantren Mantrijeron) mengatakan, “Berharap juga bahwa pemilu 2024 juga akan berlangsung damai dan menggembirakan, dan melalui deklarasi pemilu damai ini, para peserta yang menandatangani deklarasi pemilu damai ini akan menjaga komitmen untuk benar benar menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta”.

Fx. Wisnu Sabdobo Putro (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) menjelaskan dalam sambutannya, “Berharap bahwa dalam Pemilu 2024, masing masing partai politik di Kota Yogyakarta dapat benar benar menjaga kondusivitas wilayah, di masing masing kemantren. Supaya apabila ada isu sensitif yang muncul di Kota Yogyakarta, hal tersebut tidak kemudian ditumpangi untuk kepentingan partai atau kepentingan pribadi”.

Widiyastuti, S.S., M.Hum (Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) menambahkan Bakesbangpol berharap untuk anggota partai politik beserta tokoh masyarakat untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan iklim Pemilu yang damai dan menggembirakan di Kota Yogyakarta.

Pada kegiatan ini diisi sosialisasi oleh Frengky Argitawan Mahendra S.Pd, M.A. (KPU Kota Yogyakarta) dan Jantan Putra Bangsa, S. Fil., M.A. (Bawaslu Kota Yogyakarta). Setelah melakukan sosialisasi Pemilu Damai, kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh pihak Perwakilan Kemantren Mantrijeron kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.

 

Masyarakat juga tidak melupakan dunia maya karena hingga saat ini banyak hoax dan hate speech yang bertebaran di sosial media yang kemudian juga peran dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menebarkan narasi positif untuk melawah narasi negatif terkait pemilu.