Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Badan Kesbangpol Kota Jogja Mengadakan Kegiatan bagi Penghayat Kepercayaan Kota Yogyakarta

Indonesia adalah Negara majemuk yang dihuni oleh bermacam Suku, Agama dan Penghayat Kepercayaan. Begitu pula dengan Kota Yogyakarta yang disebut sebagai miniatur Indonesia yang masyarakatnya beragam. Maka beragam pula masyarakat yang berada di Kota Yogyakarta. Pemantapan Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bertujuan untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan berbangsa serta rela berkorban guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang rukun damai, demokratis, berkeadilan, sejahtera, maju dan memiliki moral dan etika dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan Kota Yogyakarta pada tanggal 21 September 2023 di Ruang Bima Komplek Balai Kota Pemerintah Kota Yogyakarta dan tanggal 22 September 2023 di Auditorium 2 Museum Sonobudoyo. Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dan Bagus Kurnianto, S.H (Kasi Intel Kejari Kota Yogyakarta).

Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dalam materinya menyampaikan, “Penghayat Kepercayaan yang keberadaannya dijamin Undang-Undang agar dalam kegiatannya senantiasa harus selaras dengan Pancasila dan Undang-Undang. Penghayat Kepercayaan di Kota Yogyakarta butuh diayomi oleh pemangku kebijakan agar dapat tumbuh kembang dalam satu ikatan batin nan harmoni dalam membangun Kota Yogyakarta”.
Bagus Kurnianto, S.H (Kasi Intel Kejari Kota Yogyakarta) menambahkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkankembangkan persatuan dan kesatuan dengan masyarakat sekitar dan antar Penghayat Kepercayaan. Pembangunan Bangsa melalui adat dan budaya perlu diperhatikan serius dan menjadi tanggung jawab kita bersama”.
Kegiatan Pemantapan Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan akhlak moral Pancasila, semangat akan cinta Tanah Air maupun rasa, jiwa dan semangat kebangsaan yang pada gilirannya mewujudkan Yogyakarta sebagai barometer kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara Nasional.

Maka dari itu Pemantapan Nilai Pancasila bagi Penghayat Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa perlu diadakan agar para Penghayat Kepercayaan yang ada di Kota Yogyakarta dapat bertukar pikiran dan berdiskusi tentang nilai-nilai Pancasila yang ada ditengah-tengah masyarakat. Sehingga Penghayat Kepercayaan di Kota Yogyakarta dapat turut serta memberikan kontribusi dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa, khusunya di wilayah Kota Yogyakarta.