Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Kraton

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta pada hari Rabu, 27 September 2023 pukul 14.08 s/d 15.18 WIB di Kemantren Kraton (Jl. Rotowijayan No.6, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132) telah berlangsung kegiatan “Deklarasi Pemilu Damai”. Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu Kota Yogyakarta,Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Koramil & Polsek Kemantren Kraton, Kemantren Kraton, Perwakilan dari 18 Partai Politik Kota Yogyakarta di Kemantren Kraton /Kota Yogyakarta, Lurah di Kemantren Kraton, PPK, Panwascam, PPS, PKD di Kemantren Kraton dan Tokoh Masyarakat di Kemantren Kraton.

 

Sambutan Drs. Sumargandi, M.Si (Mantri Pamong Praja Kraton) mengatakan Kraton merupakan pusat budaya, sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat melalui deklarasi pemilu damai ini akan dapat menciptakan sinergitas, mulai dari partai politik, penyelenggara, pengawas, pemerintah, maupun masyarakat umum yang kemudian dengan sinergitas antar semua pihak kemudian mampu untuk menciptakan suasana pemilu damai dan kemudian juga menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta.

Kemudian Fx. Wisnu Sabdobo Putro (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dalam sambutannya menambahkan bahwa Berharap bahwa pada pemilu di tahun 2024 akan mengutamakan kebudayaan dan unggah ungguh Kota Yogyakarta, kemudian pemilu akan lebih beradab dan berbudaya untuk benar benar menciptakan pemilu damai yang menggembirakan.

Budi Santoso, S.STp., M.Si (Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) menambahkan para tamu undangan yang menghadiri kegiatan deklarasi pemilu damai diharapkan pulang dengan membawa bekal berupa prinsip untuk menjadikan pemilu damai dan menggembirakan di Kemantren Kraton.

 

Pada kegiatan ini sosialisasi diisi dari KPU Kota Yogyakarta dan Bawaslu Kota Yogyakarta. Frengky Argitawan Mahendra S.Pd, M.A. (KPU Kota Yogyakarta) menjelaskan Berpesan bahwa mari bersama sama menciptakan iklim yang kondusif untuk pelaksanaan pemilu untuk tahapan tahapan yang tersisa dan tentunya pada pelaksanaan pemilu di tanggal 14 Februari 2024. Sementara Jantan Putra Bangsa, S. Fil., M.A. (Bawaslu Kota Yogyakarta) mengatakan bahwa Dalam hal ini, Bawaslu juga berusaha seoptimal mungkin untuk melakukan pencegahan terkait konflik yang diantisipasi terjadi antar partai politik terkait APK yang ada di Kota Yogyakarta maupun terkait isu isu lainnya, dan tentunya Bawaslu juga selalu siap untuk melakukan mediasi apabila konflik tadi tidak terhindarkan untuk tetap menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta.

kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Drs. Sumargandi, M.Si (Mantri Pamong Praja Kraton) kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.

Melalui acara sosialisasi dan deklarasi damai pada hari ini, para tamu undangan diharapkan dapat memahami betapa pentingnya pemilu yang damai dan menggembirakan yang mampu menjadi sebuah sarana integrasi bangsa. Kompetisi memang harus berjalan dalam pesta demokrasi ini, namun tentunya kompetisi ini harus dilaksanakan dengan sehat dan melalui metode - metode yang telah disetujui sehingga pemilu yang damai dan menggembirakan dapat direalisasikan.