Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Pakualaman

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Senin, 2 Oktober 2023 pukul 13.58 WIB s/d 15.22 WIB di Pendopo Kemantren Pakualaman (Jl. Suryopranoto No.35, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111) telah berlangsung kegiatan “Deklarasi Pemilu Damai”. Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu Kota Yogyakarta,Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Koramil & Polsek Kemantren Kraton, Kemantren Pakualaman, Perwakilan dari 18 Partai Politik Kota Yogyakarta di Kemantren Pakualaman /Kota Yogyakarta, Lurah di Kemantren Pakualaman, PPK, Panwascam, PPS, PKD di Kemantren Pakualaman dan Tokoh Masyarakat di Kemantren Pakualaman.

Sambutan Cahya Wijayanta S.Sos (Mantri Pamong Praja Pakualaman) mengatakan bahwa dengan diadakannya Deklarasi Pemilu Damai pada hari ini, para tamu undangan dapat menjaga komitmennya setelah mengikuti kegiatan ini untuk memastikan pemilu damai yang menggembirakan di Kota Yogyakarta.

Kemudian Fx. Wisnu Sabdobo Putro (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dalam sambutannya Melalui deklarasi pemilu damai ini, para tamu undangan yang ikut menandatangani deklarasi akan tetap menjaga komitmennya dalam menciptakan suasana pemilu yang damai dan menggembirakan untuk menghindari konflik antar partai politik.

Sambutan dari Budi Santoso, S.STp., M.Si (Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) menambahkan Melalui acara sosialisasi dan deklarasi damai pada hari ini, para tamu undangan diharapkan dapat memahami betapa pentingnya pemilu yang damai dan menggembirakan yang mampu menjadi sebuah sarana integrasi bangsa.

Pada kegiatan ini sosialisasi diisi dari KPU Kota Yogyakarta dan Bawaslu Kota Yogyakarta. Bashori Alwi S.IP., S.H. (KPU Kota Yogyakarta) menjelaskan Dalam tahapan pemilu, saat ini telah berlangsung 70% dari total tahapan, dan pada tanggal 3 November nanti, akan ditetapkan DCT yang kemudian akan dilanjutkan pada tahapan kampanye di tanggal 28 November. Sementara Jantan Putra Bangsa, S. Fil., M.A. (Bawaslu Kota Yogyakarta) Menekankan bahwa apabila Bawaslu hadir di kegiatan Kegiatan yang diadakan oleh Bacaleg di Kota Yogyakarta, diharapkan bahwa mereka tidak merasa tertekan ataupun merasa tidak nyaman karena Bawaslu Kota Yogyakarta hadir hanya untuk memastikan semua berjalan sesuai tahapan dan regulasi yang berlaku.

Kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Cahya Wijayanta S.Sos (Mantri Pamong Praja Pakualaman) kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.

 

Bakesbangpol Kota Yogyakarta Berharap bahwa seluruh tamu undangan yang menghadiri agenda deklarasi pemilu damai dapat memahami peranannya masing masing di dalam masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam menjaga proses pemilu supaya berjalan dengan lancar dan kondusif, serta akan tetap setia menjaga komitmen-nya untuk dapat memastikan bahwa seluruh tahapan pemilu di Kota Yogyakarta dapat berlangsung secara damai dan kondusif.