Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Ngampilan

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 13.25 WIB s/d 14.27 WIB di Pendopo Kemantren Ngampilan (Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262) telah berlangsung kegiatan “Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024”. Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu Kota Yogyakarta,Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Koramil & Polsek Kemantren Ngampilan, Kemantren Ngampilan, Perwakilan dari 18 Partai Politik Kota Yogyakarta di Kemantren Ngampilan /Kota Yogyakarta, Lurah di Kemantren Ngampilan, PPK, Panwascam, PPS, PKD di Kemantren Ngampilan dan Tokoh Masyarakat di Kemantren Ngampilan.

Sambutan Endah Dwi Dinyastuti, S.E., M.M. (Mantri Pamong Praja Ngampilan) mengatakan, “Dalam menciptakan suasana dan situasi yang kondusif, tentunya masyarakat, peserta pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, dan pemerintah Kota Yogyakarta harus bersinergis satu sama lainnya untuk benar benar menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan menggembirakan.”

Yustinus Keliek Mulyono, S.IP. (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) Mengingatkan bahwa anggaran yang dikeluarkan tidaklah sedikit, diharapkan kepada para 18 Parpol di Kota Yogyakarta untuk turut menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta karena pada masa pencoblosan, di bilik suara hanya 5 menit tetapi hasil dari pencoblosan tersebut adalah 5 tahun.

Sambutan dari Budi Santoso, S.STp., M.Si (Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) menambahkan diadakannya deklarasi pemilu damai pada hari ini, seluruh tamu undangan dapat bersama sama untuk menjalin sinergitas dan bersama sama memegang komitmen untuk menciptakan suasana pemilu yang damai dan menggembirakan serta menciptakan kondusivitas wilayah yang baik di Kota Yogyakarta.

Pada kegiatan ini sosialisasi diisi dari KPU Kota Yogyakarta dan Bawaslu Kota Yogyakarta. Erizal, S.Th.I  (KPU Kota Yogyakarta) menjelaskan Dalam hal ini KPU melayani pemilih yang pada bulan Juni telah ditetapkan sebagai DCT dan KPU juga sedang mengurus administratif DCS sejumlah 87 orang di Kemantren Ngampilan yang nantinya hanya akan ditetapkan sebanyak 7 orang. Sementara Jantan Putra Bangsa, S. Fil., M.A. (Bawaslu Kota Yogyakarta) mengatakan terkait pelaksanaan Tahapan Kampanye yang mendatang, diharapkan masing masing peserta pemilu juga dapat menjaga komitmen di deklarasi pemilu damai untuk benar benar menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta dan kemudian menciptakan pemilu 2024 yang damai dan menggembirakan.

 

Kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Endah Dwi Dinyastuti, S.E., M.M. (Mantri Pamong Praja Ngampilan) kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.

Berharap bahwa seluruh tamu undangan yang menghadiri agenda deklarasi pemilu damai dapat memahami peranannya masing masing di dalam masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam menjaga proses pemilu supaya berjalan dengan lancar dan kondusif, serta akan tetap setia menjaga komitmen-nya untuk dapat memastikan bahwa seluruh tahapan pemilu di Kota Yogyakarta dapat berlangsung secara damai dan kondusif.