Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Jetis

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kesatuan Kota Yogyakarta pada hari Jum'at, 6 Oktober 2023 pukul 14.30 WIB s/ 15.30 WIB di Pendopo Kemantren Jetis (Jl. Pangeran Diponegoro No.91, 001, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231) telah berlangsung kegiatan “Deklarasi Pemilu Damai” yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan 14 Kemantren se Kota Yogyakarta dengan penanggung jawab Nindyo Dewanto, SH., M.Hum (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) dan dihadiri lebih kurang 70 Orang. 
Sambutan Rini Rahmawati, S.IP, M.IP. (Mantri Pamong Praja Jetis) Menekankan untuk memegang komitmen untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai, serta supaya dalam pelaksanaannya pemilu 2024 nantinya dapat diminimalisir dari money politik
3. Dalam hal ini para hadirin juga dihimbau untuk membantu menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta, khususnya di kemantren Jetis.

Kemudian, Yustinus Keliek Mulyono, S.IP. (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dalam sambutannya menyampaikan harapan supaya pesta demokrasi di 2024 nantinya untuk tidak diciderai namanya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan apabila terdapat pelanggaran supaya melaporkannya kepada pihak yang memiliki wewenang dalam hal tersebut.

Sambutan dari Nindyo Dewanto, SH., M.Hum (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) menyampaikan bahwa keragaman yang ada di Kota Yogyakarta diharapkan akan menjadi sebuah kekuatan dalam pelaksanaan pemilu yang bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang damai dan menggembirakan, serta Diharapkan seluruh hadirin dan semua lapisan masyarakat dari berbagai pihak mulai dari penyelenggara maupun pengawas pemilu, peserta pemilu, Pemerintah Kota Yogyakarta, Kepolisian, TNI, maupun masyarakat dapat bersinergis dan menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta dan mewujudkan pemilu yang damai dan menggembirakan. 

Pada sosialisasi pemilu damai di Kemantren Jetis ini, diisi oleh Komisioner KPU Kota Yogyakarta, Erizal, S.Th.I menerangkan Terkait informasi pemilu maupun pilkada, masyarakat maupun para peserta pemilu untuk mengkases informasi tersebut melalui satu pintu yaitu website KPU. Berkaitan dengan hal tersebut,  Dalam hal ini KPU melayani pemilih yang pada bulan Juni telah ditetapkan sebagai DCT dan KPU juga sedang mengurus administratif DCS sejumlah 99 orang di Dapil 3 yang nantinya hanya akan ditetapkan sebanyak 8 orang. 

Komisioner Bawaslu Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati, S.S menambahkan Khusus di Kemantren Jetis, forkomintren dihimbau untuk dapat bekerjasama dengan Panwascam maupun PPK supaya dalam penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung dengan baik dan tentunya hal tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dalam hal ini Bawaslu juga menghimbau kepada masyarakat supaya tidak memasang penolakan terhadap pemasangan APK maupun atribut kampanye di kampungnya karena hal tersebut merupakan salah satu hak dari peserta pemilu

Kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Rini Rahmawati, S.IP, M.IP. (Mantri Pamong Praja Jetis) kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.Bakesbangpol Kota Yogyakarta berharap bahwa dengan deklarasi serta sosialisasi pemilu damai ini dapat memberikan dampak positif, dan tetap menjaga serta menciptakan pemilu yang damai dan kondisif.