Peringatan Serbuan Kotabaru Tahun 2023

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Jogja di Monumen Serbuan Kotabaru dilaksanakan upacara Peringatan Serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945 ke-78 Tahun 2023 dengan menyalakan api di Monumen Tugu peringatan Serbuan Kotabaru oleh Drs. Yunianto Dwisutono (Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Yogyakarta). Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Yogyakarta di Lapangan Asrama Korem 072 Pamungkas pada Jumat (07/10). 

Upacara ini diawali dengan ziarah peringatan Kotabaru, pada hari Jum'at 6 Oktober 2023 pukul 08.00 s/d 08.30 WIB di TMPN Kusumanegara (Jalan Soga, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta). Ziarah ini dipimpin oleh Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian, S. Sos (Dandim 0734 / Kota Yogyakarta).

Dalam amanatnya Inspektur Upacara oleh Bapak Drs. Yunianto Dwisutono menyampaikan, Tanggal 7 Oktober 1945, merupakan hari bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia setelah meraih kemerdekaanya. Pada tanggal tersebut, perjuangan fisik bersenjata oleh Badan-Badan Kelaskaran Pemuda diperkuat pasukan BKR, TKR dan Polisi Istimewa berhasil meraih kemenangan dengan ditandai menyerahnya tentara Jepang kepada pejuang kita. Peringatan Serbuan Kota Baru, sebagai momentum memperingati gerakan bersenjata rakyat Indonesia, untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia ; Di mana pada saat itu, 49 hari setelah sang Proklamator Dwi Tunggal Ir. Soekarno dan Dr. Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945, ratusan pemuda dari segala penjuru Yogyakarta berkumpul, untuk merencanakan salah satu aksi paling heroik sepanjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Waktu telah berlalu dan generasi telah berganti. Namun demikian semangat dan jiwa  Serbuan Kotabaru harus tetap melekat dalam setiap sanubari masyarakat Yogyakarta. Belajarlah dari sejarah, bukan semata untuk mengenang romantisme masa lalu, namun untuk memahami masa kini dan melihat ke masa depan. Peserta Upacara  yang berbahagia, Telah menjadi tugas sejarah bagi kita bersama sebagai generasi penerus bangsa saat ini untuk membawa Bangsa Indonesia untuk mencapai kejayaannya. Kondisi tersebut hanya akan terwujud apabila kita berada dalam satu barisan yang sama, melangkah bersama dengan irama yang sama dan visi yang sama untuk berkarya  bersama mengatasi setiap tantangan dan peluang yang ada. Sebagai generasi yang meneruskan tongkat estafet untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan di antara seluruh komponen bangsa serta mewaspadai hal-hal yang dapat merusak kebersamaan kita.

Marilah kita dukung segala usaha untuk mewujudkan kehidupan Indonesia yang damai dan tenteram dalam kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh bangsa Indonesia. Hindarilah sikap dan tindakan yang berpotensi memecah belah bangsa ini. Akhirnya, saya berpesan untuk manfaatkan momentum Peringatan Serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945 yang juga bertepatan dengan HUT Kota Yogyakarta ke-267, kita maknai sebagai bagian untuk terus mengembangkan sikap lebih mementingkan kepentingan negara dan bangsa daripada kepentingan individu atau kelompok serta memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pembangunan Kota Yogyakarta.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan-Nya bagi segenap warga Kota Yogyakarta dan Republik tercinta. Terima kasih Pahlawanku. Kuteruskan Perjuanganmu. Salam Jogja ! Salam Indonesia ! Jaya !