Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kemantren Gondokusuman

Seperti yang kita tahu, bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sedang mengadakan Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di 14 Kemantren di Kota Yogyakarta. Hari ini Kamis, 12 Oktober 2023 agenda sosialisasi dan deklarasi pemilu damai 2024 diadakan di Kemantren Gondokusuman. dengan penanggung jawab Nindyo Dewanto, SH., M.Hum (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta).

Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu Kota Yogyakarta,Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Koramil & Polsek Kemantren Gondokusuman, Kemantren Gondokusuman, Perwakilan dari 18 Partai Politik Kota Yogyakarta di Kemantren Gondokusuman/Kota Yogyakarta, Lurah di Kemantren Gondokusuman, PPK, Panwascam, PPS, PKD di Kemantren Gondokusuman dan Tokoh Masyarakat di Kemantren Gondokusuman.

Rombongan panitia dan peserta dalam Sosialisasi dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 disambut hangat oleh Mantri Pamong Praja Gondokusuman Guritno, A.P., Dalam sambutannya menyampaikan Pada kegiatan kali ini, diharapkan seluruh peserta yang hadir akan menyamakan tujuan supaya pemilu tahun 2024 nantinya dapat berlangsung secara kondusif dan berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Diharapkan pula kepada semua pihak dapat menahan diri apabila terdapat suatu hal yang dikhawatirkan dapat memicu konflik dan supaya mengutamakan komunikasi terlebih dahulu untuk menjaga kondusivitas wilayah di Kota Yogyakarta, utamanya di kemantren Gondokusuman.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa dengan adanya deklarasi pemilu damai ini, diharapkan semua pihak yang ikut menandatangani deklarasi ini dapat menjaga komitmen untuk merealisasikan pemilu yang damai dan menggembirakan di Kota Yogyakarta, khususnya di Kemantren Gondokusuman. Hal ini tentunya juga diharapkan semua pihak dapat menjaga kondusivitas wilayah. 

Kemudian Fx. Wisnu Sabdono Putro (Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dalam sambutannya menambahkan bahwa omisi A memiliki harapan bahwa basis massa partai ini berada di Wilayah kecamatan dan juga kelurahan. Oleh karenanya Deklarasi Pemilu Damai dilaksanakan di level Kemantren supaya para partai yang mengikuti kegiatan Deklarasi Pemilu Damai dapat memastikan kemananan dan kondusivitas wilayahnya masing masing. Melalui deklarasi pemilu damai ini, para tamu undangan yang ikut menandatangani deklarasi diharapkan akan tetap menjaga komitmennya dalam menciptakan suasana pemilu yang damai dan menggembirakan untuk menghindari konflik antar partai politik.

Sosialisasi Pemilu Damai di Kemantren Gondokusuman kali ini menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU Kota Yogyakarta, ashori Alwi S.IP., S.H. 

Dalam Sosialisasinya beliau menyampaikan bahwa Dalam tahapan pemilu, saat ini telah berlangsung 70% - 80% dari total tahapan, dan pada tanggal 3 November 2023 nanti, akan ditetapkan DCT yang kemudian akan dilanjutkan pada tahapan kampanye di tanggal 28 November karena berdasarkan PKPU yang berlaku, 25 hari setelah penetapan DCT adalah masa kampanye. Diharapkan pemilu 2024 nantinya dapat menjadi ajang integrasi bangsa karena walaupun hal tersebut merupakan wilayah konstestasi legal bagi para peserta kampanye, hal tersebut diharapkan dapat tetap menjadi arena yang tetap menjaga tali persaudaraan maupun silaturahmi semua masyarakat, baik dari penyelenggara, peserta pemilu, maupun masyarakat Kota Yogyakarta.


Sementara Jantan Putra Bangsa, S. Fil., M.A. (Komisioner Bawaslu Kota Yogyakarta), Bahwa kehadiran Bawaslu dalam agenda deklarasi pemilu damai ini adalah untuk memastikan komitmen seluruh hadirin yang menandatangani deklarasi pemilu damai ini untuk mencegah potensi konflik yang dapat muncul, khususnya di Kemantren Gondokusuman yang telah bebas dari konflik sejak lama. Oleh karenanya, Bawaslu juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak supaya kampanye yang nantinya dilakukan oleh peserta pemilu dapat mengedepankan budaya Kota Yogyakarta dan dapat dilangsungkan secara menyenangkan untuk masyarakat Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Guritno, A.P. (Mantri Pamong Praja Gondokusuman) kemudian diikuti oleh tamu tamu undangan. Setelah melakukan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu dengan secara bergantian dari semua tamu undangan.

Melalui acara sosialisasi dan deklarasi damai pada hari ini, para tamu undangan diharapkan dapat memahami betapa pentingnya pemilu yang damai dan menggembirakan yang mampu menjadi sebuah sarana integrasi bangsa. Kompetisi memang harus berjalan dalam pesta demokrasi ini, namun tentunya kompetisi ini harus dilaksanakan dengan sehat dan melalui metode - metode yang telah disetujui sehingga pemilu yang damai dan menggembirakan dapat direalisasikan.