Apresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta Terhadap Sinergitas Ormas disalurkan melalui Ormas Award 2023

Ormas memiliki peran penting dalam menjaga wilayah Kota Yogyakarta sehingga kegiatan Ormas Award 2023 ini merupakan bentuk pengakuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogyakarta terhadap peran penting Ormas dalam membangun masyarakat dan Kota Yogyakarta menjadi lebih baik.

Sampai saat ini, di informasikan bahwa jumlah ormas di Kota Yogyakarta kurang lebih ada 209 ormas, sedangkan yang sudah memiliki SKTO kurang lebih berjumlah 54 ormas.

Dalam sambutannya, Nindyo Dewanto, SH., M.Hum (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) mengharapkan dengan sinergitas Ormas Kota Yogyakarta yang semakin meningkat dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, stigma negatif "Kota Yogyakarta Berhati - Hati" dapat dirubah menjadi "Kota Yogyakarta Berhati Nyaman", serta mengucapkan "selamat kepada Ormas-ormas yang menerima penghargaan hari ini. Teruslah bergerak maju dengan semangat perubahan positif dan menjadi panutan, sehingga kita bersama bisa menjadikan Kota Yogyakarta tetap menjadi tempat yang nyaman, dan tetap dapat dinikmati dengan keanekaragaman budayanya. Selamat atas penghargaan ini, dan mari bersama-sama bekerja keras untuk masa depan yang cerah" ungkapnya.

Dalam Ormas Award ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta juga memberikan pemaparan Materi yang disampaikan oleh Wahyu Bintari, M.Psi (Motivator dari Akademi Teknologi Kulit Kota Yogyakarta), dengan tema "Bahagia&Harmoni Menuju Ormas Award Kota Yogyakarta".

Dalam paparan materinya, beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa peran yang dapat dilakukan oleh ormas, seperti mempertahankan kearifan lokal, toleransi, dan semangat srawung juga gotong royong. Peran yang kedua adalah untuk melestarikan keistimewaan budaya tradisi dan warisan budaya Kota Yogyakarta. Ormas juga memiliki peranan untuk menjaga Kota Yogyakarta tetap kondusif. Peranan yang lain adalah berkontribusi dalam pembangunan lokal (SDM, budaya, fasilitas, dll) dan juga mendukung program pemerintah seperti ibu memanggil atau posyandu remaja. Dan peran yang terakhir adalah pemberdayaan ekonomi dan advokasi hak hak sosial.

Betapa pentingnya berjejaring karena dengan berjejaring, suatu ormas dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan ormas lainnya untuk menambahkan perspektif baru dalam keberlangsungan ormas tersebut. Kemudian ormas - ormas dapat bersinergi untuk mengerjakan suatu program secara bersama sama dengan ormas lainnya untuk mencapai target yang ingin dicapai secara efektif dan efisien. Dan yang terakhir adalah untuk memotivasi ormas untuk memiliki tata kelola yang lebih baik.


Ormas award ini ditujukan untuk berkompetisi yang berujung pada kolaborasi. Hal ini dikarenakan belajar dari pengalaman ormas lain, ormas ormas di Kota Yogyakarta dapat membandingan sekaligus belajar untuk meningkatkan kinerja ormas - ormas di Kota Yogyakarta. Dengan melakukan sharing ilmu dan pengalaman, hal tersebut juga diharapkan dapat mendorong ormas ormas di Kota Yogyakarta untuk mencoba hal hal baru. Sharing ilmu juga mendorong ormas ormas di Kota Yogyakarta untuk melihat sesuatu dari sudut pandang lain dan mengasah problem solving dari ormas tersebut. Ormas award diharapkan juga untuk menjalankan peran sosial dan menambah relasi dengan saling memotivasi satu dengan yang lainnya.

Dalam Ormas award ini menghadirkan dewan juri, Serma Marcelinus Devlin Hastono (Kodim 0734/Kota Yka) dan Kristiyono Ismawan (Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta), memberikan Penjelasan dari indikator penilaian pemenang ormas award yang didasarkan pada konsistensi ormas dengan memiliki SKTO dan selalu mengirimkan laporan tahunan, yang kedua adalah kemandirian ormas dalam mencari pendanaan, yang ketiga adalah dampak kegiatan ormas bagi masyarakat dan untuk anggota ormas itu sendiri, keaktifan kehadiran ormas baik dalam rapat maupun kegiatan Poldagri, dan dalam keaktifan ormas bermedia sosial (membagikan kegiatan kegiatannya di media sosial dan dalam pemanfaatan media sosial untuk mengenalkan ormas tersebut ke masyarakat).

Pemenang Ormas Award 2023 diantaranya;
1. Wahdah Islamiyan dengan skor 820 (Juara 1)
2. Persikindo dengan skor 810 (Juara 2)
3. Senkom dengan skor 790 (Juara 3)
4. Paksi Katon dengan skor 765 (Juara Harapan 1)
5. IPNU dengan skor 600 (Juara Harapan 2)

Penghargaan ini juga membawa harapan akan peran berkelanjutan dari ormas ormas Kota Yogyakarta sebagai pilar kekuatan dalam membangun kota menuju arah yang lebih baik.