Makna Hari Ibu bagi Parenting Kebangsaan

  Hari ini 22 Desember 2023, Indonesia memperingati Hari Ibu. Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya sesungguhnya adalah penghargaan bagi semua perempuan di Indonesia, atas peran dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat dan negara. Perempuan Indonesia telah menunjukkan kemampuannya dalam memimpin, berpolitik, berwirausaha, berkarya di bidang seni dan budaya, serta menjadi motor penggerak kegiatan sosial di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi perempuan.

 Sejarah diperingatinya Hari Ibu di Indonesia bermula ketika diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pertama kali pada tanggal 22-25 Desember 1928. Pada awalnya, peringatan Hari Ibu hanya untuk mengenang jasa ibu yang begitu istimewa. Namun, seiring waktu, Hari Ibu juga menjadi momen khusus untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan dukungan dan mengingat kembali hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum.

Source image  by wikipedia

 Hari ibu kemudian secara resmi ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959. Awalnya, Hari Ibu dibuat untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa. Hari Ibu 22 Desember memiliki perbedaan dengan perayaan Mother's Day. Peringatan Hari Ibu adalah salah satu hari besar di Indonesia, sedangkan Mother's Day adalah perayaan yang dilaksanakan secara internasional. Hari Ibu diawali dari gerakan perempuan di Indonesia, tepatnya Kongres Perempuan Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menyatukan perkumpulan perempuan-perempuan Indonesia dalam satu Perhimpunan Perempuan Indonesia.

Dari kongres ini, tiga mosi yang berkaitan dengan perempuan dihasilkan:

  1. Munculnya hasrat untuk membentuk organisasi yang solid dengan kehadiran “Perserikatan Perempuan Indonesia”.
  2. Pengembangan kesadaran tentang perempuan dan masyarakat luas.
  3. Mengenang perjuangan dan semangat kaum perempuan.

 Peringatan Hari Ibu (PHI) juga menjadi momentum untuk terus mengingatkan seluruh bangsa Indonesia, bahwa perempuan yang jumlahnya mengisi hampir setengah dari populasi masyarakat Indonesia, adalah motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan mendatang. 

 

        Peringatan Hari Ibu bagi Parenting Kebangsaan, bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia, selalu menjadi momen khusus. Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu. Merayakan hari ibu bukan hal sederhana saja tetapi juga untuk meningkatkan bonding antara anak dan ibu. 

Indonesia seperti diskriminasi, kekerasan dan kurangnya akses terhadap pendidikan dan kesehatan, perempuan-perempuan hebat terus konsisten berjuang demi kesetaraan hak dan kewajibannya. Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Kiranya semangat perjuangan perempuan dari jaman sebelum kemerdekaan, kemudian keberhasilan perempuan hingga diperingati sebagai Hari Ibu, terefleksi dalam perjuangan perempuan-perempuan Indonesia di saat ini, untuk segera bangkit dan pulih kembali. 

Dikutip dari https://parentingkebangsaankotajogja.blogspot.com/2023/12/makna-hari-ibu-bagi-parenting-kebangsaan.html