LOMBA IMPLEMENTASI PANCASILA MAHARDIKA NADA NUSANTARA #2

Pada hari Selasa 28 Mei 2024 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Lomba Implementasi Pancasila Mahardika Nada Nusantara #2 di Hotel Royal Darmo Malioboro Pukul 08.00 – 14.00 WIB dengan diikuti 15 peserta tingkat SMP Kota Yogyakarta. Pada acara ini dibuka oleh B. Bayu Laksmono, S.Sos (Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta).

B. Bayu Laksmono, S.Sos dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai wujud komitmen kita untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan penyerapan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat khususnya pelajar Kota Yogyakarta. Kegiatan lomba ini sangat memiliki makna yang dalam terutama dalam memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

Adapun juri pada lomba ini menunjuk Julian Jesie, Heri Susilo (Heri Macan) dan Dwi Okta Rinanda. lagu yang dibawakan untuk ada dua lagu, lagu pertama yang digunakan untuk seleksi online (lagu produk Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) dan lagu kedua memilih salah satu pilihan lagu (Kebyar-Kebyar – Gombloh, Nusantaraku- A. Riyanto dan Zamrud Khatulistiwa – Guruh Sukarno).

Peserta pada Lomba Implementasi Pancasila Mahardika Nada Nusantara #2 adalah Laurensia Viona Budi Lembayun (SMPN 16 Yogyakarta), Gracia Stevany Putri Lourdes (SMP Stella Duce 2 Yogyakarta), Syahira Afihan Qysya (SMP IT AL Khairat), Teresa Karin Dahayu (SMP N 8 Yogyakarta), Gavin Vicaksana Sakti Supartono (SMP N 8 Yogyakarta), Maria Vianney Auryn Geraldine (SMP N 8 Yogyakarta), Maria Michelle Alisandra Soerasmo (SMP N 15 Yogyakarta), Marcello Gamaliel Caesar Nur Adhi (SMP N 6 Yogyakarta), Helena Clarencia Cinta Prasetya (SMP Pangudiluhur 1 Yogyakarta), Chatarina Kanaya Dwie Kinanthi (SMP N 15 Yogyakarta), Divana Fortuna Dedjanto (SMP N 5 Yogyakarta), Fatihah Najla Azka Andini (SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta), Florentina Andraya Pratiknyo (SMP Stella Duce 1 Yogyakarta), Dorothea Talitha Indamika (SMP Pangudiluhur 1 Yogyakarta) dan Peter Antonio Patra (SMP Budya Wacana).

Pada lomba ini diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Juara 1 - Helena Clarencia Cinta Prasetya (SMP Pangudiluhur 1 Yogyakarta)
  2. Juara 2 - Divana Fortuna Dedjanto (SMP N 5 Yogyakarta)
  3. Juara 3 - Florentina Andraya Pratiknyo (SMP Stella Duce 1 Yogyakarta)
  4. Juara Harapan 1 - Peter Antonio Patra (SMP Budya Wacana)
  5. Juara Harapan 2 - Teresa Karin Dahayu (SMP N 8 Yogyakarta)

Melalui kegiatan Lomba Implementasi Pancasila Mahardika Nada Nusantara #2 menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, sesuai dengan sila kedua Pancasila dan membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air serta memperkuat semangat bela negara. Peringkat lima teratas dari lomba ini memang direncanakan untuk ditampilkan lagi ketika Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Balaikota Pemerintah Kota Yogyakarta.