Parade Seni dan Budaya 2024: Bakesbangpol Yogyakarta Memulai Rangkaian Pertama Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Pada tanggal 1 Juni 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogyakarta memulai langkah besar dalam program nasional pembagian 10 juta bendera merah putih. Rangkaian pertama dari program ini diadakan bersamaan dengan acara Parade Seni dan Budaya Lintas Suku & Etnis yang diselenggarakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Yogyakarta.

Parade ini tidak hanya menjadi ajang perayaan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga menjadi simbol persatuan dan kebangsaan. Sebanyak 2.220 bendera merah putih telah dibagikan kepada masyarakat selama acara tersebut. Pembagian bendera dilakukan secara merata mulai dari DPRD Kota Yogyakarta, tempat titik start parade, hingga Ngejaman dan Titik 0 km.

Program ini bukan sekadar pembagian bendera, tetapi juga upaya memperkuat rasa nasionalisme dan kebersamaan di tengah keberagaman suku dan etnis. Parade ini menghadirkan berbagai perwakilan dari seluruh Nusantara, termasuk perwakilan dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, hingga Papua. Komunitas Etnis Tionghoa juga turut serta dalam parade ini, menunjukkan keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Acara ini semakin istimewa dengan kehadiran calon Duta Pancasila Purnapaskibraka Indonesia (DPPI) 2023 dan para pemenang Mahardika Nada Nusantara #2. Mereka turut berpartisipasi dalam parade, menambahkan semangat nasionalisme dan kebanggaan akan keberagaman budaya Indonesia.

Berbagai perwakilan daerah dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, hingga Papua turut ambil bagian dalam parade ini. Tak ketinggalan, komunitas Etnis Tionghoa juga ikut serta, memperlihatkan bahwa keberagaman adalah kekuatan bangsa Indonesia.

Parade Seni dan Budaya ini adalah wujud nyata dari upaya merayakan keberagaman dan mengibarkan persatuan. Dengan tema "#rayakankeberagamankibarkanpersatuan", acara ini berhasil menyatukan berbagai elemen masyarakat dalam semangat kebangsaan yang kuat. Bakesbangpol Kota Yogyakarta berharap bahwa program pembagian 10 juta bendera ini akan terus berlanjut dan semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

Parade ini bukan hanya tentang bendera yang dibagikan, tetapi juga tentang pesan kuat yang dibawa: keberagaman adalah kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dirayakan bersama. Mari kita terus kibarkan semangat persatuan dalam keberagaman, demi Indonesia yang lebih kuat dan harmonis.