Sinau Pancasila: Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam memperingati hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyelenggarakan kegiatan Sinau Pancasila. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Rabu, 5 Juni 2024 di Kelurahan Gunung Ketur dan Kelurahan Brontokosuman.

Kegiatan Sinau Pancasila diagendakan di Aula Gunung Ketur dan aula Brontokusuman dihadiri oleh anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Jaga Warga dan Ketua Kampung.

Pada kegiatan ini diisi oleh Marwoto dan Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) dengan membabas pancasila di masyarakat antara harapan dan kenyataan. Pembicara kedua yaitu Diasma Sandi Swandaru dari Pusat Studi Pancasila UGM berkaitan dengan Keluarga dan Proses Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila  Keseharian. Terakhirn, Ki Sutikno berdiskusi terkait penumbuhan karakter pancasila. Peserta Sinau Pancasila nampak antusias untuk berdiskusi terkait implementasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya berhenti pada perbincangan namun juga akan ditidaklanjuti dalam sebuah aksi nyata untuk menjadikan Pancasila sebagai Way Of Life semua komponen anak bangsa.