Pembinaan Ormas Kota Yogyakarta, “Strategi Fund Rising Bagi Ormas”

Pada hari Kamis, 20 Juni 2024 pukul 08.00 s/d 13.00 WIB di Hotel Grage (Jl. Sosrowijayan No.242, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55271) telah berlangsung kegiatan “Pembinaan Ormas dengan Tema Strategi Fund Rising Bagi Ormas”, yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta yang dihadiri oleh kurang lebih 50 orang. Pada kegiatan ini narasumber diisi oleh Dr. H.M. Yazid Affandi, M.Ag (Ketua PCNU), Muhammad Zaenal (LazisMU Kota Yk) dan Methodius Kusumahadi (Yayasan Satu Nama).

Muhammad Zaenal (LazisMU Kota Yk) dalam materinya mengatakan Melalui langkah-langkah tersebut, diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas kepribadian individu. Peningkatan kualitas ini, apabila didukung dengan kreativitas dan inovasi, akan melahirkan kematangan jiwa yang kokoh. Individu yang matang secara emosional dan intelektual akan memiliki karakter diri yang mantap, yang tercermin dalam sikap empati dan kepedulian yang tinggi terhadap semua orang.

Sementara Methodius Kusumahadi (Yayasan Satu Nama) dalam materinya menjelaskan fund rising dalam konteks ini merupakan sebuah alat untuk perubahan sosial. Melalui hal ini fund rising dibagi kedalam beberapa poin, yang pertama adalah fund rising sebagai kepemimpinan. Yang kedua adalah fund rising sebagai friend rising, atau dengan kata lain fund rising sebagai media untuk membangun hubungan dengan banyak individu yang memiliki nilai yang sama (like minded people). Yang ketiga adalah fund rising untuk membangun gerakan perubahan sosial (community of values). Yang keempat adalah fund rising sebagai transformasi sosial. Dan yang kelima adalah fund rising sebagai media pendidikan politik.

Dr. H.M. Yazid Affandi, M.Ag (Ketua PCNU) berharap bahwa hal tersebut dapat menginspirasi para peserta untuk dapat mengikuti langkah langkah NU dalam pelaksanaan fund rising.

Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta berharap setelah melaksanakan kegiatan pembinaan ormas ini pentingnya strategi fundraising bagi keberlanjutan kegiatan Ormas. Kami memahami bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh Ormas adalah pendanaan. bagaimana sebuah organisasi dapat bergerak dan berkembang dengan mengandalkan dana yang dihimpun dari berbagai sumber. Fundraising bukan hanya tentang mencari dana, tetapi juga membangun jaringan dan kepercayaan dengan berbagai pihak, termasuk donatur dan mitra kerja.