Kolaborasi Mahasiswa Magang AMIKOM dengan Bakesbangpol Yogyakarta dalam Sinau Pancasila

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta bersama dengan Mahasiswa Magang dari Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sinau Pancasila. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Selasa, 25 Juni 2024 di Pendopo Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta. Peserta dari kegiatan ini merupakan para Mahasiswa dari Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa (FL2MI) DIY & Forum BEM DIY (FBD) yang lingkup kampusnya berada di wilayah Kota Yogyakarta.

Kegiatan yang di bawakan oleh Meida Manovani selaku Master Of Ceremony (MC) dan Nur Eka Hardiyansya R selaku Moderator. Pada kesempatan ini mahasiswa yang biasa dipanggil Eka menjelaskan terkait maksud dan tujuan diselenggarakannya Sinau Pancasila tersebut. Sinau Pancasila ini bertujuan untuk bagaimana kita mendalami lebih lanjut, membahas dan berdiskusi tentang nilai - nilai Pancasila yang saat ini perlu untuk kita tingkatkan demi menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa khususnya terkait Harmoni sosial yang ada di kota yogyakarta ini.

“Karena kita ketahui bahwa kota yogyakarta ini merupakan Miniatur Of Indonesia, yang mana dengan keberagaman yang ada di kota ini membuat masyarakat dan pemerintah bahu - membahu untuk terus menumbuhkan nilai - nilai persatuan dan kesatuan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia” Ujarnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta ini menyampaikan bahwa betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari - hari.

“Saat kami dulu sekolah, ada pelajaran yang namanya adalah Penanaman Moral Pancasila (PMP) dan mungkin saat ini telah ber-tranformasi menjadi pelajaran Kewarganegaraan atau PPKN. disitulah kita belajar banyak terkait nilai - nilai Pancasila” ujarnya.

Pada kegiatan ini, diisi oleh Bapak Khoirul Anam yang merupakan Ketua PSPBN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini  menyampaikan tentang Sinau Pancasila: Media Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Sedangkan Ibu Kompol Ani Sulistiarini, S.Kom., M.HLI yang merupakan Kasat BINMAS Polresta Yogyakarta menyampaikan materi terkait Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila Di Lingkungan Keluarga. dalam kesempatan-nya, Kasat BINMAS yang kerap disapa dengan nama  ibu ani ini menyampaikan bahwa keluarga merupakan lingkungan pertama yang mendidik kita sebagai seorang individu sebelum kita mengenal lingkungan pertemanan dan lingkungan masyarakat di sekitar kita.

“Pendidikan Karakter memegang peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter yang baik. Nilai- nilai Pancasila membentuk hati anak-anak untuk mengambil tanggung jawab yang mendalam dalam pelaksanaan tugasnya sebagai warga negara dan dalam pembentukan watak dan karakter warga negara. Tujuan pendidikan karakter adalah Warga negara memahami dan mendemonstrasikan nilai-nilai dan moral pancasila dengan karakter yang sesuai, lalu sikap positif, komitmen dan pemahaman yang lengkap terhadap Undang-Undang Dasar (1945) Republik Indonesia,” lanjutnya

Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber, kegiatan Sinau Pancasila kali ini memberikan kesempatan kepada Seto Galih Pratomo (Korwil FL2MI DIY) dan Gunawan Harmain (Ketua FBD BEM DIY) sebagai Pemantik untuk memulai diskusi terkait penyampaian kedua narasumber. Peserta Sinau Pancasila nampak antusias untuk berdiskusi terkait materi yang dibawakan oleh kedua narasumber yang mana diharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti pada perbincangan namun juga akan ditidaklanjuti dalam sebuah aksi nyata untuk menjadikan Pancasila sebagai Way Of Life semua komponen anak bangsa.

Penulis: Nur Eka Hardiyansya R dan Meida Manovani

Editor: Ani Nur Laeli