Pengundian Nomor Urut dan Deklarasi Damai Pilkada Jogja 2024

Senin, 23 September 2024 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta. Rapat tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Magelang No.41.

Acara diawali dengan hiburan dan persembahan tari tradisional diikuti dengan pengundian nomor urut calon, berlangsung khidmat. Pada akhirnya, tiga pasangan calon mendapatkan nomor urut mereka. Drs. Heroe Poerwadi, M.A & Sri Widya Supena mendapatkan nomor urut 1, Dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K) & Wawan Hermawan, S.E., M.M memperoleh nomor urut 2, dan Drs. Muhammad Afnan Hadikusumo & Singgih Raharjo, S.H., M.Ed menempati nomor urut 3.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk menberikan kata sambutan. Pasangan Calon Heroe Poerwadi & Sri Widya Supena mengusung tagline "Jogja untuk kita, Jogja untuk semua". Jogja untuk kita berarti bagaimana warga kota dapat memiliki akses untuk pendidikan, wisata, dan banyak hal lainnya, supaya warga kota Yogyakarta dapat semakin happy.

Kemudian dilanjut oleh Pasangan Calon nomor urut 2, "Untuk menuju indonesia maju, SDM harus berkualitas dan unggul, harus bekerja, harus nabung dan menyediakan lapangan pekerjaan, dan pemberdayaan perempuan." Ungkap Hasto Wardoyo

Adapun Pasangan Calon nomor urut 3, Afnan Hadikusumo berpesan untuk menciptakan pemilihan yang aman, damai, dan berintegritas. " Beda pilihan itu biasa, namun yang paling penting adalah kebersamaan. Kota Yogyakarta tidak bisa dibangun sendiri, namun harus dibangun secara bersama" Ungkapnya.

Selain pengundian nomor urut, acara tersebut juga menjadi momentum deklarasi damai, di mana para pasangan calon berkomitmen untuk menjalankan pemilihan yang aman, damai, jujur, dan berintegritas. Rapat ini ditutup dengan pembacaan keputusan KPU dan penandatanganan Deklarasi Damai oleh masing-masing pasangan calon.