F-SEMESTA DAN HMI YOGYAKARTA MELAKUKAN AUDIENSI SILATURAHMI KE BAKESBANGPOL KOTA YOGYAKARTA

Bakesbangpol Kota Yogyakarta sebagai wadah dari Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Yogyakarta, selalu memantau dan dekat dengan paa Ormas Kota Yogyakarta untuk tujuan Kota Yogyakarta yang lebih aman,kondusif dan damai. Pemerintah melalui Bakesbangpol Kota Yogyakarta, wajib melakukan pembinaan, pengawasan, dan pengembangan. Bakesbangpol Kota Yogyakarta menerima audiensi dari F-Semesta Yogyakarta pada hari Selasa 01 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB. Sementara Bakesbangpol Kota Yogyakarta menerima HMI Cabang Yogyakarta pada hari Selasa 01 Oktober 2024 pukul 11.00 WIB. Audiensi ini diterima oleh Widiyastuti S.S., M.Hum (Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) dan Edi Sarwana, S.E., M.Ec. Dev (Plt. Kepala Bidang Poldagri dan Ormas) di Ruang Brotoseno Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta.

Widiyastuti S.S., M.Hum (Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta) dalam sambutannya menyampaikan Setiap ormas yang telah memiliki ahu wajib untuk melaporkan keberadaanya. Pemerintah melalui Bakesbangpol Kota Yogyakarta wajib melakukan pembinaan, pengawasan, dan pengembangan. bDalam hal ini ormas di anggap sebagai sebuah mitra. Berorientasi dengan capacity building, seperti pengembangan terhadap kelembagaanya.

F-Semesta menyampaikan berasal dari bidang hukum, dan legalnya sudah  Kementerian Hukum dan HAM DIY. Mereka juga memiliki cabang di Jakarta Selatan, Semarang, Sleman, dan beberapa kota lain. Pada bulan Juli kemarin, kami baru saja mencatat organisasi ini secara resmi. Visi F-Semesta adalah menciptakan masyarakat yang merdeka dan sejahtera, tidak hanya bagi para anggotanya, tetapi juga bagi rekan-rekan PNS dan pekerja lainnya. Kegiatan utama kami meliputi pelatihan di Gunungkidul dan kerjasama dengan beberapa komunitas.

HMI menyampaikan Terima kasih atas kesempatannya. Kami sangat berterima kasih karena telah diberikan ruang untuk berdiskusi bersama mengenai agenda-agenda yang akan kami jalankan ke depannya, terutama terkait kepemudaan. Dalam waktu dekat, HMI berencana mengadakan rangkaian kegiatan yang fokus pada pendidikan politik di ranah kampus. Pendidikan politik ini menjadi penting, khususnya dalam konteks Pilkada yang akan datang. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan Bakesbangpol dalam mensukseskan kegiatan ini, agar pendidikan politik tidak hanya menjangkau kalangan mahasiswa, tapi juga masyarakat secara umum.

Kami (HMI) juga sadar bahwa banyak pemuda milenial yang baru pertama kali akan berpartisipasi dalam pemilu, sehingga mereka sering kali kebingungan dalam memahami prosesnya. Oleh karena itu, kami datang untuk mengajak Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta berkolaborasi guna meningkatkan partisipasi politik, baik dalam konteks kewarganegaraan maupun kesadaran politik kebangsaan.

Pemerintah Kota Yogyakarta memandang ormas sebagai mitra penting dalam pembangunan, serta dalam menjaga stabilitas dan keamanan. Oleh karena itu, kami sangat menghargai ormas yang sudah mendaftar dan melaporkan kegiatan mereka.